by

Satgas Cegah Covid-19 Screening Pemeriksaan di Perbatasan Tator-Enrekang

TANA TORAJA, Airterkini.com – Tim Satgas Cegah Covid Tana Toraja terus bekerja. Kali ini, di Posko Salubarani Mengkendek, yakni di Perbatasan Tana Toraja-Enrekang, dengan melakukan screening pemeriksaan terhadap kendaraan atau orang yang lewat melintas di perbatasan.

Langkah Screening Satgas ini dilakukan melibatkan tenaga medis, aparat TNI-Polri, dan Satpol PP, Ahad (22/3).

Tim gabungan tersebut terus bekerja hingga pukul 20.15 Wita. Mereka memeriksa suhu tubuh setiap warga atau orang yang masuk ke Tana Toraja.

“Proses screening ini dilakukan terhadap setiap orang yang masuk ke Tana Toraja tanpa kecuali. Mereka

discreening suhu tubuhnya oleh petugas medis yang bertugas di posko,” ujar Brigpol Markus Nopin.

Menurut Markus, hingga hari ke-4 pelaksanaan tugas satgas di posko Salubarani, warga atau orang yang masuk ke Tana Toraja,  dengan kesadaran sendiri, singgah di posko untuk discreening.

Kesadaran warga ini muncul, katanya, lantaran sebelum tiba di Toraja, mereka juga sudah jalani pemeriksaan atau screening di kabupaten lain.

Sementara itu, seorang petugas medis bernama Betharia saat dikonfirmasi terkait proses screening,  menyebutkan, warga yang di periksa suhu tubuhnya terlebih dahulu didata daerah asal dan tujuannya. 

Khusus orang yang berasal dari luar Sulawesi Selatan, atau pernah berkunjung ke luar Sulsel sebelumnya, akan dipantau secara berkelanjutan oleh puskesmas setempat dimana orang tersebut berdomisili.

Betharia juga menyebutkan, suhu tubuh yang dikategorikan dalam pengawasan terpapar Covid 19 adalah suhu tubuh 38 derajat ke atas.

“Suhu panas tubuh di bawah 38 derajat, dikategorikan normal, namun pun demikian jika ada orang yang pernah berkunjung ke luar Sulsel sebelumnya, pihak puskesmas setempat akan langsung melakukan pemantauan sampai batas waktu tertentu,” jelasnya.

Sampai saat ini, menurut pihak Satgas, belum ada warga yang terdeteksi memiliki suhu panas tubuh di angka 38 atau pun di atas angka 38. Rata-rata suhu panas yang terdeteksi berkisar di 35 derajat sampai dengan 36 derajat.

Usai warga discreening, mereka diarahkan untuk mencuci tangan di mobil tangki penyedia air dan sabun, untuk memastikan kondisi tangan tidak terpapar Covid-19. (humaspolrestt/sep/tom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini