by

Bupati Torut Kala’ Paembonan Sebut Kinerjanya Tidak Pernah Terekspos

TORAJA UTARA, Airterkini.com –  Ada ungkapan menarik disampaikan Bupati Toraja Utara Kala’tiku Paembonan menyangkut kinerja pemerintahannya selama ini. Menurut dia, apa yang sudah dilakukan berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan selama dirinya menjabat Bupati Torut bersama Wabup Yosia Rinto Kadang, belum terekspos oleh media sebagaimana mestinya. 

Padahal banyak yang sudah dilakukan. Kala’tiku menyebut, antara lain, dalam hal pengelolaan keuangan. “Oleh Menteri Keuangan, kita pengelola keuangan terbaik. Kemudian dari tadinya nol pembangunan jalan provinsi tahun 2015, sekarang kami masukkan tiga ruas jalan pada Oktober 2019 di era teman saya Sony Sumarsono jadi Pejabat Gubernur Sulsel. APBD kita juga mengalami peningkatan dari 2015 hanya 700 miliar, sekarang dua tahun terakhir sudah 1,2 triliun. Belum termasuk bantuan-bantuan pemerintah pusat,” tutur Kala’tiku di sela acara peluncuran media online Airterkini.com, di Restaurant Santung, Hotel Misiliana, Kesu’, beberapa waktu lalu. 

Seharusnya, tambah dia, Airterkini.com, sudah ada sebagai air kehidupan yang bisa mengawal secara objektif.

Hal lain disebut Kala’ adalah Pemilihan Kepala Lembang (red, Desa) dengan sistem online. Meskipun, katanya, Pilkalem dengan perangkat E-Voting itu selama ini disoroti habis-habisan semua pihak, hal ini justru menghantar Torut mendapat penghargaan. “Dengan E-Voting akhirnya Torut mendapat penghargaan tertinggi di bidang inovasi,” timpalnya.

Prestasi lain pemerintahannya terkait kata ‘Lembang’ yang sudah masuk terminologi sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis budaya dalam penyusunan undang-undang. “Ini pemberian ke-3 setelah Nagari di Sumatera Barat (Minangkabau) dan Gampong di Aceh,” ungkap mantan Sesditjen Pemberdayaan Masa Desa Kementerian Dalam Negeri RI ini. 

Lembaga adat tersebut, menurut Kala’, tidak hanya memelihara adat-budaya tapi pada saat yang sama berfungsi dan bertindak sebagai penyelenggara pemerintahan di bidang yudikatif.

Dan beberapa karya lain. Tersebutlah, sejumlah kegiatan pembangunan seperti Pembangunan TPA Karua yang kini sudah difungsikan serta lainnya. Teranyar, kebijakan penertiban bangunan dan rumah warga di bantaran Sungai Saddan untuk kepentingan umum terkait penataan ruang sebagaimana mestinya. (ton/erlin/tom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini