by

Polres Tator Gencar Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Penyebaran Virus Corona kini telah menjadi momok di masyarakat. Setiap hari, informasi mengenai virus ini hangat diperbincangkan dimana-mana. Kesannya menakutkan, karena risiko yang ditimbulkan bisa mematikan jika tidak dapat disembuhkan. 

Karena itu, pemerintah dan berbagai elemen masyarakat terus berupaya melakukan pecegahan agar penyebaran virus berlabel Covid-19 ini dapat dibendung. 

Seperti dilakukan jajaran Polres Tana Toraja dengan mengerahkan personil yang ada. Pengerahan personil ini melalui 6 (Enam) Polsek dengan melakukan penyemprotan Disinfektan bersama Satgas Cegah Covid-19 Tana Toraja. 

Kegiatan ini dilaksanakan siang dan malam. 

Caranya dengan memastikan penyemprotan Disinfektan berjalan aman melalui pengawalan dan pengamanan. Personil Polres Tator juga melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara massifkan Patroli Pembubaran Kerumunan.

Mereka melaksanakan Patroli Gabungan Pembubaran Kerumunan. Ada sekitar 100 personil gabungan awali kegiatan ini dengan melakukan apel persiapan di Mapolres Tator, Jumat (27/3), sekitar pukul 20.00 Wita.

Patroli Gabungan Pembubaran Kerumunan tersebut dibagi dalam tiga tim.  Menurut Kabag Ops Kompol Budi Gunawan SE MH, yang dikonfirmasi usai apel persiapan, tim pertama dipimpin Kapolres Tana Toraja, dengan target sasaran patroli kota Makale hingga ke Rantelemo atau Perbatasan Tator-Torut.

“Tim Kedua dipimpin Waka Polres Tana Toraja, Kompol Jacob Lobo SH MH, dengan target patroli menyasar wilayah Mengkendek hingga Salubarani atau Perbatasan Tana Toraja dan Enrekang,” kata Budi Gunawan.

Dan Tim Ketiga dipimpin Kabag Ops Kompol Budi Gunawan, dengan sasaran patroli menyasar ke wilayah Sangalla dan sekitarnya.

Patroli yang dilakukan Tim I dipimpin Kapolres Tana Toraja, menggunakan 5 kendaraan dengan kekuatan personil gabungan mencapai 30 orang. Tim ini menyusuri area Terminal Makale, area Pasar Tradisional Makale, kemudian bergerak menuju Perbatasan Tator dan Torut.

Beberapa titik disinggahi Tim I, seperti area Terminal, Pasar Makale, dan Warung Ballo yang berada di dekat Rumah Sakit Fatima Makale. Kapolres Tator turun langsung memberikan himbauan kepada warga yang masih nongkrong.

“Saudara-saudara sekalian yang masih berkerumun di tempat ini, silahkan tinggalkan tempat, segera pulang ke rumah,” ucap Liliek Tribhawono menghimbau kepada warga yang ditemuinya di area Terminal dan Pasar Makale.

Sementara itu, dari pantauan umum terhadap kondisi kota Makale saat patroli berlangsung, tampak lengang dan sepi. Hanya sesekali tampak pengendara melintas.

AKBP Liliek Tribhawono Iryanto, yang di konfirmasi siang ini (28/3), menyebutkan, patroli gabungan yang melibatkan personil TNI dan Satpol PP Tana Toraja dalam rangka pembubaran kerumunan akan dilanjutkan lagi. 

“Malam ini patroli pembubaran kerumunan akan kembali dilaksanakan. Sebelumnya kami himbau kepada warga agar tetap di rumah, jangan berkeliaran di luar rumah, jangan memaksakan aparat untuk mengambil tindakan paksa pembubaran, kita semua sudah dewasa, kami pun tidak ingin mengambil langkah tindakan paksa, jadi kami mohonkan kerjasama dan kepatuhan dari warga Tana Toraja, tetaplah di rumah,” himbau Liliek. (humaspoltator/sep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini