by

Kebijakan Sepihak, 5000 liter Ballo’ Bonggakaradeng Tak Tersalurkan

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Petani dan Distributor Ballo’ (Tuak) Bonggakaradeng menuding Pemerintah Kecamatan Bonggakaradeng mengambil kebijakan sepihak. Tudingan itu muncul setelah Camat Bonggakaradeng mengeluarkan aturan larangan penyaluran Ballo’ antar kecamatan, sejak Senin (30/3).

Adanya kebijakan ini membuat Petani dan Distributor Ballo’ antar kecamatan merugi sekitar Rp 35.000.000 per hari. Hitungan ini muncul setelah kalkulasi 5000 liter Ballo’ tak tersalurkan. 

Kepala Lembang Buakayu Jhonlie Sandakila SE dan unsur keamanan setempat bertindak melakukan pemalangan di perbatasan Lembang  Buakayu-Palesan. Itu dilakukan atas perintah Camat Bonggakaradeng. 

“Hari ini kami mulai pemeriksaan. Siapapun yang lewat harus diperiksa dan disemprot. Kalau ada Ballo’ di mobil, harus diturunkan.” tegasnya  di Posko Penanganan Pencegahan Wabah Corona, Buakayu.

Sementara itu, Camat Bonggakaradeng Zeth Padaoan Giang mengaku melarang penyaluran Ballo’ antar kecamatan atas dasar pencegahan wabah Corona dan perintah Wabup Tator.

“Untuk larangan penyaluran ballo’ antar kecamatan saya kira belum saatnya kami lakukan,” katanya. Ia menyadari bahwa menjual Ballo’ itu adalah salah satu mata pencaharian utama warga Palesan. Akibat larangan penyaluran ballo tersebut, seorang distributor Ballo’ berinisial K, mengaku sangat kecewa atas kebijakan pemerintah Bonggakaradeng tersebut. 

Warga yang enggan disebut namanya ini, menyarankan, pemerintah Bonggakaradeng mengeluarkan aturan satu pintu. Artinya, cukup mengikuti aturan dari Bupati Tator. “Apa yang akan terjadi jika setiap kecamatan bikin aturan sendiri-sendiri,” tuturnya kritis.

Dia yakin dengan aturan satu pintu kebijakan itu adil dan efektif. “Saya kira himbauan Pak Bupati jelas, setiap roda empat tidak diperbolehkan bawa angkutan lebih dari tiga orang, kenapa ballo’ ikut dilarang, daerah lain tidak,” ketusnya. Dengan demikian, camat setempat tidak semaunya melarang kendaraan keluar masuk. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini