by

Polres-Pemkab Tator Bersatu Semprotkan Desinfektan Cegah Corona

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Tiada hari tanpa penyemprotan Desinfektan dimana-mana, di tengah penyebaran Virus Corona yang kian meluas. 

Sejalan dengan aksi penyemprotan serentak di seluruh Indonesia, jajaran Polres Tana Toraja turut ambil bagian dengan mengerahkan puluhan personil dan satu unit water canon berisi desinfektan, Selasa, hari ini (31/3).

Polres bahkan menggandeng Pemkab Tana Toraja dan Satgas Covid-19 serta jajaran Kodim setempat guna menyukseskan aksi penyemprotan desinfektan dimaksud.

Turut serta Wabup Victor Datuan Batara mewakili Bupati Tator. Juga tampak pengerahan personil Satpol PP beserta 3 (tiga) unit Damkar pengangkut cairan desinfektan.

Satgas Cegah Covid-19 juga menurunkan tim serta dukungan sarana-prasarana yang dibutuhkan seperti cairan desinfektan dan masker. 

Victor Datuan Batara tampak berdiri di atas mobil pick up Hilux yang sedang mobile. Ia bersama Kapolres Tator AKBP Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto secara bergantian menghimbau pentingnya sosial distancing kepada masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui.

Rute dimulai dari rujab Bupati Tator-plaza Kolam Makale menuju arah terminal. Kemudian, bergerak ke arah utara sepanjang Jalan Nusantara hingga depan RSUD Lakipadada. Setelah itu berputar kembali ke arah selatan menuju Pasar Makale dan berakhir di plaza Kolam Makale untuk konsolidasi.

“Kepada seluruh masyarakat Tana Toraja disampaikan untuk mematuhi himbauan pemerintah dan Maklumat Kapolri demi keselamatan bersama. Bahaya virus corona telah mengancam kehidupan kita. Untuk memutus mata rantai penyebaran corona, sangat diharapkan partisipasi dan dukungan penuh dari saudara-saudari sekalian agar tetap berada di rumah. Di rumah saat ini jauh lebih baik, hindari kerumunan, jangan keluar rumah jika tidak dalam keadaan terpaksa, dan jaga jarak aman saat berkomunikasi dengan orang,” himbau Victor Datuan dengan alat pengeras suara.

Kapolres Tana Toraja AKBP Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto yang berdiri berdampingan dengan Wabup, Victor, di atas mobil pick up Hilux juga menghimbau warga. Ia menyebut pentingnya kepatuhan warga pada Maklumat Kapolri.

“Saya minta seluruh warga, adik-adik saya, ibu-ibu, tolong tetap di rumah, apabila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah di rumah, jangan berkerumun, kita tidak tahu di dekat kita ada yang sakit atau tidak, hanya itu yang perlu dilakukan, mari kita jaga Tana Toraja, kita lawan virus corona dengan cara mengikuti himbauan pemerintah,” cetus Kapolres menghimbau.

Liliek memahami kondisi saat ini membuat warga masyarakat susah. “Memang kita susah, tapi kita harus tahan, kita lawan, janganlah takut. Stok bahan makanan sudah disiapkan. Silahkan bertanya pada kami dan jangan percaya dengan informasi hoax,” tuturnya lagi.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tana Toraja, Pdt. Yohanis Metris, S.Th, juga memberi himbauan. “Mari kita sadari bersama bahaya dari wabah corona. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi himbauan tetap di rumah, lakukanlah ibadah di rumah.  Bagi yang muslim ibadah di rumah, bagi yang nasrani ibadah di rumah, dan bagi umat agama lainnya ibadahlah di rumah. Jangan bersikap remeh dengan mengabaikan himbauan larangan berkerumun,” pintanya.

Larangan berkerumun, kata Pdt. Yohanis, adalah cara paling efektif dalam memutus mata rantai penyebaran corona. Untuk itu, ia sekali lagi mengajak warga masyarakat untuk bersama mematuhi himbauan sosial distancing.

Pasca himbauan itu, Mobil Water Canon yang berisi cairan desinfektan dan 3 (tiga) Armada Damkar menyemprotkan cairan desinfektan di sepanjang jalan secara bergantian. Aksi penyemprotan ini mendapat perhatian warga yang berada di rumah masing-masing. 

Bahkan, di media sosial aksi ini menjadi perbincangan para netizen. Convoi rombongan pun kembali ke plaza Kolam Makale dan membubarkan diri setelah foto bersama. (humaspoltt/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini