by

Polres Tator Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Cegah Corona Secara Mandiri

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Bekerjasama dengan Satgas Covid-19, Polres Tana Toraja menggelar kegiatan mengedukasi warga untuk tindakan pencegahan corona secara mandiri, di Mapolsek Mengkendek, Senin (6/04).

Waka Polres Tator Kompol Jacob Lobo SH MH memimpin langsung tim sosialisasi dan pelatihan cara mencegah corona secara mandiri. Jacob membawa serta Paurkes Polres Tator Desy Dudung yang berlatar tenaga medis.

“Kegiatan sosialisasi pencegahan corona secara mandiri ini menggandeng Satgas Covid-19 Tana Toraja. Ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta sosialisasi tentang bagaimana cara cegah corona secara mandiri, sekaligus juga diharapkan menjadi bekal bagi peserta untuk diajarkan lagi kepada warga sekitar,” kata Jacob.

Edukasi ini, tambahnya,  adalah awal dari kegiatan berkesinambungan dalam rangka membangun ketahanan masyarakat melawan corona. 

“Untuk itu kami menggandeng Satgas Covid-19 Tana Toraja untuk menyatukan visi dan misi, dan kami apresiasi Satgas Covid-19 yang langsung menyambut kegiatan ini dengan ikut melibatkan pihak-pihak terkait untuk mengikuti kegiatan sosialisasi di Polsek Mengkendek. Sekali lagi ini tahap awal. Kemungkinan sosialisasi edukasi cegah corona secara mandiri ini akan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya dengan pelibatan tim-tim medis yang intinya mengajari masyarakat kita bagaimana cara mencegah corona secara mandiri. Saya kira mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” jelas Jacob.

“Setiap hal yang baik demi menyelamatkan masyarakat kita dari bahaya Corona tentunya akan disambut baik oleh Satgas Covid-19. Itu perlu kita dukung bersama. Sosialisasi cegah corona secara mandiri ini merupakan pola pencegahan yang bertujuan untuk mengajari masyarakat kita untuk berani dan survive melawan corona dengan cara-cara yang mudah dipahami warga kita sebagaimana dianjurkan pemerintah,” terang Berthy.

Diakui Berthy, mendidik warga untuk mencegah corona adalah sebuah terobosan dari Polres Tator. “Ini sebuah terobosan. Jika selama ini kita mengenal istilah isolasi mandiri, lalu mengapa kita tidak ajari masyarakat kita dengan cara cegah corona secara mandiri pula. Untuk itu kami pun apresiasi langkah Polres Tator ini. Kami berharap ini adalah awal yang baik dalam membangun ketahanan warga dalam melawan corona,” ucapnya.

Sementara Desy Dudung yang tergabung dalam tim sosialisasi, mengatakan,  kegiatan ini bentuknya menyampaikan kepada peserta cara cegah corona. Setelah itu para peserta menularkan edukasi yang diperoleh kepada warga sekitar.

“Pesertanya terdiri dari aparat bhabinkamtibmas, aparat dari kecamatan dan lembang, yang nantinya akan menyampaikan edukasi ini kepada warga sekitar,” tuturnya.

Sedang materi edukasi, kata Desy, mengacu pada Physical Distancing. Begitu pula, esensi sosialisasi cegah corona secara mandiri, antara lain :

1. Pengenalan dan pengetahuan tentang virus Covid-19

2. Cara melindungi diri dari Corona secara mandiri dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri)

3. Pengenalan cara pembuatan dan penggunaan cairan Desinfektan dan Antiseptik

4. Cara menggunakan desinfektan bagi karyawan kantoran.

5. Enam langkah cara mencuci tangan yang benar menurut WHO.

6. Fungsi dari Physical Distancing.

7. Cara meningkatkan Imunitas (kekebalan ) Tubuh agar terhindar dari virus Corona

8. Etika bersalaman yang baik dan benar

Cara mandiri cegah corona yang mudah diterapkan oleh warga atau siapa pun, menurut Desy, Jaga Jarak Aman, Hindari Kerumunan, Lengkapi diri dengan APD saat keluar rumah seperti masker medis atau masker non medis (yang higienis), Hindari bersalaman untuk sementara, Sering-sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Jangan menyentuh area muka bilamana belum cuci tangan (setelah keluar dari rumah), Jika urusan di luar rumah sudah selesai maka bergegaslah pulang, Sediakan cairan desinfektan di rumah yang aman digunakan, Tingkat daya tahan tubuh (Imun) dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, Istirahat yang cukup

“Corona adalah virus yang tidak melayang di udara, virus ini menempel, salah satu penyebarannya melalui kontak fisik, nah dengan menjaga jarak aman, tidak berkerumun dan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, cuci tangan dengan air sabun di air yang mengalir, sudah cukup untuk menghindarkan diri dari Corona, dan cara mandiri ini perlu sekali diajarkan kepada warga kita dalam upaya memutus mata rantai penyebaran corona,” jelas Desy. 

Diketahui, sosialisasi cegah corona secara mandiri yang berlangsung di Mapolsek Mengkendek, selain dihadiri Kapolsek Mengkendek bersama personil dan Kadis Kominfo Tator Berthy Mangontan, juga hadir Koordinator Pemberitaan Media Center Satgas Covid-19 Tator Daniel Galenta, Camat Mengkendek Sa’pan Sampelino, beberapa Kepala Lembang, Perwakilan dari Puskesmas, 4 Tokoh Agama, dan personil Babinsa Koramil Mengkendek

(*/Albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini