by

Kapolsek Mengkendek dan Aparat Terkait, Periksa Kondisi Kesehatan Seorang ODP

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Kapolsek Mengkendek Iptu Yohanis Mundu bersama Kepala Lembang Buntu Datu, dan Tim Medis Puskesmas Ge’tengan dipimpin Kepala Puskesmas dr Sunarti serta lainnya, memeriksa seorang pria berusia 30 tahun yang masuk dalam daftar ODP (Orang Dalam Pemantauan), Kamis, 9 April 2020.

Pria berinisial SP beralamat di Lembang Buntu Datu Kecamatan Mengkendek ini dimasukkan dalam daftar ODP oleh tenaga medis setelah melalui proses screening di Posko Salubarani atau perbatasan Tana Toraja-Enrekang. SP diduga datang dari luar Provinsi Sulsel.

Menurut Yohanis Mundu, tim medis melakukan pemantauan dengan mengukur suhu tubuh, mengecek kesehatan dan menanyakan keluhan yang di alami oleh SP.

” Ibu dr Sunarti menyarankan kepada ODP tersebut untuk sementara mlakukan Isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,  dan selama masa isolasi 14 hari tersebut tim medisi Puskesmas Ge’tengan akan terus memantau kondisi kesehatan warga tersebut dalam setiap harinya,” ungkap Kapolsek.

Yohanis Mundu juga menyebutkan, kondisi SP setelah dilakukan pemeriksaan dalam keadaan sehat. “Namun demikian kami dari aparat terkait (TNI – Polri) bersama tim medis akan terus melakukan pemantauan terhadap kondisi SP sampai betul-betul dinyatakan sehat setelah melalui masa isolasi mandiri 14 hari,” timpalnya. 

“Upaya pencegahan telah dilakukan secara baik. SP juga telah bersedia untuk melakukan isolasi mandiri. Itikad baiknya harus kita hormati dan hargai bersama. Mari kita bantu dan dukung dia jalani masa-masa isolasi mandiri. Semoga semua baik-baik saja, amin,” harap Yohanis Mundu.

Mengakhiri penjelasannya, Kapolsek Mengkendek menghimbau dengan sangat kepada warga masyarakat  setempat untuk tidak panik dan kuawatir yang berlebihan. “Mari kita cegah Corona secara mandiri dengan cara physical distancing yang intinya adalah jaga jarak aman, hindari kerumunan, gunakanlah masker, jika terpaksa keluar rumah, sering-sering cuci tangan, dan jika merasa ada gejala gangguan kesehatan agar segera lakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat,” tuturnya. (albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini