by

Bupati Tator Keluarkan Aturan Distribusi Pangan Guna Cegah COVID-19

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Mencermati adanya transmisi lokal penularan Covid-19 di Sulawesi Selatan, maka dibutuhkan usaha meminimalisir kemungkinan penularan pandemi tersebut.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae kembali mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 09 April 2020 perihal Pengaturan Distribusi Pangan Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 dalam Wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Surat edaran ini ditujukan kepada 8 (delapan) Pemerintah Kabupaten/Kota yang berdekatan langsung dengan Tana Toraja, yaitu Pemkot Parepare, Pemkab Sidenreng Rappang, Pemkab Pinrang, Pemkab Enrekang, Pemkab Luwu, Pemkab Luwu Utara, Pemkab Luwu Timur, dan Pemkot Palopo. 

Surat Edaran ini dikeluarkan berdasarkan pertimbangan Hasil Rapat Forkopimda yang digelar di Posko Satgas Covid-19, Kamis, 9 April 2020. Rapat tersebut dihadiri Kajari Tator, Kapolres, Dandim 1414, dan Ketua DPRD Tator. 

“Jalur perdagangan antara kabupaten terutama kebutuhan pangan masyarakat harus dijamin lancar, namun di sisi lain perlu antisipasi agar jalur perdagangan tidak menjadi sarana penularan Covid-19,” ujar Bupati Tator melalui rilis resmi Satgas Covid-19.

Ada dua poin dalam surat edaran yang dikeluarkan Bupati Tator soal Pengaturan Distribusi Pangan Menuju Wilayah Kabupaten Tana Toraja, yaitu:

1. Jalur perdagangan pangan, telur, ikan/daging ke dan dari wilayah Kab Tana Toraja tetap dimungkinkan namun bongkar muat barang dilaksanakan di perbatasan kabupaten, yakni di Salubarani Kecamatan Gandangbatu Sillanan untuk wilayah selatan, dan di daerah Rantelemo Kecamatan Makale Utara untuk wilayah Utara, mulai jam 06.00 sampai 10.00 Wita

2. Jalur perdagangan di luar jalur tersebut di atas bila tidak terlalu mendesak sebaiknya ditunda untuk sementara waktu hingga kondisi memungkinkan.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae berharap, Walikota/Bupati tersebut agar dapat menyampaikan kepada pedagang/distributor pangan telur, ikan/daging di wilayah masing-masing. (uci’/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini