by

Hari Ke-6 Ops Keselamatan Lipu 2020, Wabup Tator Ikut Bagi-bagi Masker

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, ikut serta menyemarakkan hari ke-6 Operasi Keselamatan Lipu 2020 Polres Tana Toraja. Victor turut membagi-bagi masker kain secara gratis kepada pengguna jalan, Sabtu, 11 April 2020.

Ops Keselamatan Lipu 2020 ini berlangsung di beberapa titik di dalam kota Makale. Kasat Lantas Polres Tator, Iptu H. Nawir S.Sos, yang dikonfirmasi membenarkan perihal ini.

“Iya benar. Kami jajaran Sat Lantas Polres Tator selaku pelaksana Operasi Keselamatan Lipu 2020 laksanakan kegiatan bagi-bagi masker kain secara gratis kepada pengguna jalan. Dan di hari keenam ini Wakil Bupati Tator Victor Datuan Batara ikut serta bersama para pelaksana operasi melakukan kegiatan bagi-bagi masker. Beliau ikut berpartisipasi dari awal hingga usai kegiatan,” ucap Kasat Lantas.

Pihaknya, kata Nawir, memasangkan masker kepada para pengendara yang tidak menggunakan masker. “Ini sebagai upaya cegah corona dan memutus mata rantai penyebarannya melalui penggunaan masker secara menyeluruh kepada warga yang sedang beraktivitas di luar rumah,” jelasnya.

Nawir berharap, warga agar patuh pada himbauan menggunakan masker ketika berada di luar, seperti instruksi Presiden. Dari instruksi ini dijabarkan secara serentak seluruh elemen aparatur negara, termasuk institusi Polri.

“Masker yang dibagikan bukan untuk disimpan di dalam lemari. Tapi untuk digunakan saat di mana pun berada,” pinta Kasat Lantas, Iptu Nawir.

Merespon ini, Kapolres Tator  AKBP Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Wabup Tator Victor Datuan Batara yang telah turut serta bersama aparat pelaksana Operasi Keselamatan Lipu 2020 melakukan aksi bagi-bagi masker secara gratis.

“Selaku Kapolres Tana Toraja, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi Wakil Bupati Tana Toraja yang ikut serta dalam kegiatan Operasi Keselamatan Lipu 2020 bersama personil Sat Lantas. Tentunya ini menjadi penguatan bagi jajaran kami untuk terus menuntaskan operasi kemanusiaan pencegahan corona dan penyebarannya,” ujar Gregorius Liliek Tribhawono.

Kapolres juga mengatakan, untuk peningkatan kualitas operasi keselamatan, pihaknya akan menggelar razia penggunaan masker, Senin, 13 April 2020. 

“Teknisnya masih dalam sosialisasi dan himbauan. Setelah dilakukan kegiatan bagi-bagi masker kain, baik yang dilaksanakan jajaran satlantas maupun kegiatan bagi masker yang dilakukan pemkab serta relawan-relawan kemanusiaan lainnya, tentunya kita sudah dapat berhitung atau estimasi jika sebagian besar warga kita telah memiliki masker. Jadi dalam rangka peningkatan kepatuhan warga pada penggunaan masker pada saat berada di luar rumah dan sekaligus mengukur efektifitas daya guna dan tepat sasaran kegiatan pembagian masker, maka tentunya perlu dilakukan tindakan-tindakan pemeriksaan. Dan cara itu adalah razia penggunaan masker,” jelas Liliek.

Razia penggunaan masker tersebut, menurut Kapolres, akan dilakukan secara humanis dan dengan menggunakan pendekatan sosial dan himbauan. (sep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini