by

15 Tahun Tak Tersentuh, Warga Sandabilik di Tator Terisolasi

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Perhatian Pemerintah Daerah Tana Toraja kepada warga Kamboring, Sandabilik, Kecamatan Makale Selatan, tampaknya sangat rendah. 

Betapa tidak, sejak pembukaan jalan utama Sandabilik 15 tahun silam, hingga saat ini tidak pernah lagi tersentuh pemerintah setempat. Kondisi ini membuat Sandabilik dan warga setempat jadi terisolir. Padahal, jalan poros utama itu panjangnya hanya 60 meter

Ironisnya, kondisi jalan tersebut makin parah setiap hujan turun. Ini akibat sering tergenang air. “Asalkan hujan jalan kami sudah tidak bisa dilalui, apalagi kalau musim hujan seperti ini. Kami harus menunggu sampai kering betul,” ujar Yunus Tapa Rari, Tokoh Masyarakat Kamboring, saat memandu warga memperbaiki  jalan Kamboring, Senin lalu (13/4).

Yunus, lebih jauh, menuturkan, kondisi warga dan Kamboring, setiap kali hujan datang. Apalagi jika warga sedang membangun rumah dan hujan turun. Pada saat itu, jalan Kamboring tidak bisa lagi dilewati mobil pengangkut bahan bangunan.

“Kalau jalan kami basah, mobil sudah pasti tidak bisa lewat. Harus menunggu sampai jalan benar-benar kering,” ungkap Yunus.

Jalan Kamboring ini merupakan akses jalan menuju Puskesmas Sandabilik, SMK Sandabilik dan menuju poros Makale.

Akibat jalan itu tak kunjung disentuh pemerintah, aktivitas dan roda perekonomian warga setempat terganggu. Mereka harus merogoh uang lebih banyak lagi untuk tiba di kota Makale. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini