by

Direktur RSUD Lakipadada Himbau Proteksi Diri dengan Masker dan Sarung Tangan

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM –  Kapasitas Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara sebagai Koordinator Pengendali Lapangan Satgas Covid-19 Tana Toraja yang sangat aktif di lapangan dalam memimpin upaya pencegahan penyebaran virus Corona di wilayahnya, menimbulkan kekuatiran di kalangan masyarakat. Ini karena status Wabup Tator itu saat ini sebagai Pasien Positif Terpapar Virus Corona.

Banyak warga masyarakat yang kuatir karena merasa pernah melakukan kontak dengan Wabup Tator Victor Datuan Batara dalam beberapa aksi yang digelar Satgas Covid-19 Tator. Berdasarkan data Satgas Covid-19, sejumlah kegiatan telah melibatkan Wabup Tator itu dalam 2 pekan terakhir sebelum dinyatakan terpapar virus Corona. Mulai dari sosialisasi pembatasan aktivitas dengan berkeliling menggunakan kendaraan, memborong sayur-sayuran di Pasar Makale, kegiatan bagi-bagi masker seputar Kota Makale dan di Posko Perbatasan Salubarani dan Rantelemo, kegiatan bagi-bagi masker di Kecamatan Rembon sampai Masanda, mengunjungi keluarga korban pasien PDP yang meninggal dunia di Gandangbatu Sillanan, mengunjungi keluarga korban longsor di Makale Selatan, dan terakhir bagi-bagi sembako untuk tukang ojek dan sopir angkutan kota di Pasar Seni Makale. 

Kekuatiran masyarakat terhadap potensi tertular virus Corona dari Wakil Tator dijawab oleh dr. Syafari Mangopo selaku Direktur RSUD Lakipadada. “Soal potensi penyebaran virus Corona dari pasien positif Covid-19 kemungkinan cukup kecil karena Pak Wakil dalam beberapa kegiatan terakhir selalu melakukan proteksi diri dengan menggunakan masker dan sarung tangan,” ujar dr Syafari dalam rilis resmi Satgas Covid-19 Tator. 

Syafari menjelaskan, soal perilaku virus dimana virus itu menyebar atau berpindah secara cepat kalau sumbernya, yaitu orang yang terpapar, tidak melakukan proteksi secara mandiri, misalnya tidak menggunakan masker dan sarung tangan, akan berpotensi menyebar. Tapi sebaliknya, jika tetap memakai masker dan sarung tangan virus tidak akan mudah menyebar.

Meski potensi penyebaran virus kecil, dr. Syafari tetap menghimbau masyarakat yang merasa pernah kontak atau komunikasi jarak dekat dengan Wabup Tator itu agar mengevaluasi kesehatan diri secara mandiri dan melaporkan kepada petugas jika ada gejala. 

“Evaluasi diri sendiri sangat penting, agar masyarakat dengan sadar menjaga kesehatan sendiri di rumah, misalnya dengan mengisolasi diri, menggunakan masker, menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, bersihkan badan, tetap tenang dan tidak panik agar imunitas tetap baik,” timpalnya.

Syafari mengajak masyarakat untuk bahu membahu memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini. “Kerjasama seluruh masyarakat sangat dibutuhkan. Juga peran Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja,” terangnya. (*/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini