by

Wabup Tator Orang Pertama di Toraja Positif Terpapar Virus Covid-19

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja mengumumkan Wakil Bupati Victor Datuan Batara adalah orang pertama positif Covid-19 di Toraja.

Pengumuman ini terkonfirmasi dan disampaikan Direktur RSUD Lakipadada, dr. Syafari Mangopo, didampingi Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19, Berthy Mangontan, serta Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo, Kamis, 16 April 2020.  

Dijelaskan, berdasarkan Protap Panduan Penanganan Covid-19, telah dilakukan Rapid Test terhadap 419 orang per tanggal 15 April 2020. Test tersebut dilaksanakan terhadap orang yang dianggap prioritas, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Tator, Forkopimda, Tenaga Kesehatan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) , Pasien Dalam Pengawasan (PDP) , Orang Tanpa Gejala (OTG), dan Anggota Satgas Covid-19 Tator. 

Hasilnya adalah ke-8 orang positif Rapid Test. Setelah itu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR Swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Pada Selasa malam, 15 April 2020, keluarlah hasil PCR Swab terhadap satu orang dan dinyatakan positif Terpapar virus Covid-19. Satu orang tersebut adalah Wabup Tator Victor Datuan Batara. 

Kepada Pasien yang terkonfirmasi positif Terpapar virus Covid-19 tersebut, atas pertimbangan medis, telah dilakukan isolasi di Ruang Isolasi RSUD Lakipadada. Sementara 7 orang lainnya yang juga dinyatakan positif Rapid Test, diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan tetap dipantau kesehatannya oleh Tim Dokter sambil menunggu hasil pemeriksaan PCR Swab. 

“Kondisi Wabup Tana Toraja saat ini baik dan bugar dan kita berharap do’a dan dukungan semua masyarakat Tana Toraja semoga Bapak Wakil Bupati Victor Datuan Batara dapat melalui masa-masa penyembuhan secapat-cepatnya,” ujar Berthy Mangontan dalam rilis resmi Satgas Covid-19 Tator. 

Berthy menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap menjaga pola hidup sehat dan tetap taat terhadap himbauan Pemerintah. (*/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini