by

Berultah Ke-15, FORMAT Makin Solid dan Kuat

MAKASSAR, AIRTERKINI.COM – Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT) Makassar hari ini, Selasa, 21 April 2020, berulang tahun yang ke-15. Di usianya yang kini menanjak remaja dan dewasa, Format makin solid dan kuat mengemban visi, misi dan tanggungjawab sosial 

Menengok kilas balik perjalanan histori Format Makassar pada peringatan ultahnya kali ini, berawal dari momen pemekaran Toraja menjadi dua daerah otonom, yakni Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Muncul pro dan kontra pemekaran ketika itu yang berakhir dengan terbentuknya daerah otonom baru, Kabupaten Toraja Utara. 

Momen pemekaran wilayah tersebut menjadi tonggak sejarah atau spektrum lahirnya FORMAT. Format Makassar adalah sebuah lembaga independen yang berorientasi pada kontrol sosial,  pengawalan pembangunan dan pendampingan isu-isu sosial masyarakat seperti buruh, petani, nelayan, dan rakyat miskin kota.  

Di tengah pandemi Covid-19, acara Hari Jadi Format Makassar dilaksanakan sederhana di Sekretariat Format, Blok 4/No.10 BTN Citra Tello Permai, Makassar. Hadir beberapa anggota Format. Sedang Tema Ultah, “Reaktualisasi Kader, Merawat Tradisi dan Meneguhkan  Militansi Gerakan Demi Mencapai Cita-Cita Perjuangan Organisasi”.

“Dengan mengikuti anjuran pemerintah serta penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibat Covid-19 yang mewabah secara global, kegiatan Hari Jadi Format Makassar hanya dilaksanakan secara seremonial,” ujar Heriadi, Ketua Format. 

Dalam Refleksi Hari Jadi ke-15 Format Makassar, organisasi gerakan sosial pemuda dan mahasiswa  ini tetap berada di barisan perjuangan rakyat dalam melawan segala bentuk perampasan hak dan kebijakan pemerintah yang pro pada kepentingan oligarky.  

“Pada refleksi 15 tahun, Format Makassar akan tetap fokus pada perjuangan buruh, petani, nelayan, rakyat miskin kota, serta melawan segala bentuk perampasan dan eksploitasi sumber daya alam,“ tutur Prilly P Ramdan, Ketua Demisioner Format Makassar. (gis/sep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini