by

Kasus Ketiga Positif Covid 19 di Tator Berasal dari Kelurahan Bombongan Makale

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM –  Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan kasus terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di wilayah kabupaten Tana Toraja. 

Pasien ketiga terkonfirmasi positif virus Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD Lakipadada, dr. Syafari Mangopo dan Plt Kepala Dinas Kesehatan, Mariana Belo, Selasa 21 April 2020 di Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja. 

dr Syafari Mangopo menjelaskan “Pasien ketiga terkonfirmasi positif ini berdasarkan hasil pemeriksaan Real time Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan,”  ungkap dr Syafari dalam rilis resmi Satgas Covid-19, Selasa, (21/42020). 

Pasien ketiga positif Covid-19 di Tana Toraja ini adalah seorang laki-laki inisial Ch (63 thn) alamat Kelurahan Bombongan Kec. Makale Tana Toraja. 

Pasien ketiga positif Covid-19 tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Bandung Jawa Barat, awal Maret 2020 lalu untuk menghadiri seminar keagamaan di Hotel Lembang Asri, Kabupaten Bandung Barat. 

Tanggal 16 April 2020, Pasien menjalani Rapid Test dan dinyatakan positif rapid test lalu dilanjutkan dengan pengambilan sampel Swab pada tanggal 18 April 2020. Sampel Swab lalu dikirim ke Makassar bersama 16 sampel lainnya dengan rincian 7 sampel orang positif rapid dan 10 sampel OTG (Orang Tanpa Gejala). 10 sampel OTG ini merupakan sampel dari orang yang kontak langsung dengan pasien pertama. 

Hasil Swab terhadap 17 sampel tersebut diketahui selasa sore 21 April 2020. Dari 17 sampel Swab yang diterima RSUD Lakipadada, 16 diantaranya dinyatakan Negatif covid-19. 

Ketiga pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja saat ini sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada. 

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat. Langkah – langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracking terhadap riwayat kontak Pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas dan Kepolisian. 

Tracking ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dari Pasien positif di lingkungan masyarakat. Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja. (*/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini