by

KISAH INSPIRATIF UMKM KARTINI

Airterkini.com, Tator – Sebelas tahun yang lalu Lily mulai bercocok tanam sayur, tepatnya tahun 2009. Hasil panennya ia jual didepan RSUD Lakipadada Tana Toraja. Bersama Ibunya, Lily terus berjuang untuk bertahan hidup sejak ditinggal suaminya saat anaknya usia 1 bulan. Dengan modal yang sangat kecil, berbagai inovasi usaha Lily lakukan mulai dengan membuka kios kecil-kecil dan berkembang menjadi sebuah warung makan didepan RSUD Lakipadada. Keterampilan memasak yang ia miliki terus dikembangkan sehingga Lily bisa membuat berbagai jenis panganan dan snack serta aneka masakan.

Disamping itu Lily juga membuat berbagai macam kue serta aneka minuman. Dimasa Pandemi ini Lily merubah pola bisnisnya dengan sytem delivery order. Dengan memberdayakan jasa kurir dan tukang ojek Lily berupaya agar produk-produknya bisa sampai ke pelanggannya.
Dan saat ini Produk snack andalan Lily adalah Kripik Talas. Bahan baku ia peroleh dari berbagai pelosok yang permintaannya ia share di media sosial. Sehingga saat ini ibu usia 35 Tahun ini tidak kehabisan bahan baku untuk memproduksi produk-produk andalannya.

Bukan kebetulan,dengan hasil kerja kerasnya lebih dari 10 tahun, tepat 21 April 2019 Lily mulai membangun rumah idamannya dengan biaya yang cukup Fantastis dan diselesaikan pengerjaanya tepat Desember 2019, yang katanya untuk tempat kumpul keluarga merayakan Natal. Dan saat ini Lily terus berjuang untuk mengembangkan usahanya dengan berbagai Inovasi. Dan saat ini Usaha Lily Salipadang nama lengkapnya, dibantu oleh Rumah Kreatif Telkom Tana Toraja membangun Brand usahanya dengan nama YUAN CAKE & SNAK dan YUAN WR.MAKAN yang letaknya tepat didepan pintu keluar RSUD Lakipada.
Hari Kartini ditengah masa pandemi Covid-19 ini ternyata masih ada kaum milenial yang masih terbuka untuk tetap bertahan dan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat diluar sana.  (Junsmark M )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini