by

Walau Rapid Test Positif, Hasil Swab Test 14 Orang Dinyatakan Negatif

TORAJA, AIRTERKINI.COM –  Sebanyak 14 Sampel Swab diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, (23/4/2020). 

Menurut rilis resmi Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, 14 Sampel Swab yang diterima RSUD Lakipadada itu semuanya dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi covid-19 dimana sebelumnya 14 sampel tersebut merupakan hasil Rapid Test positif.

14 sampel yang positif Rapid Test tersebut terdiri dari 13 Tenaga Kesehatan dan 1 Sampel yang merupakan OTG yang diduga kuat telah melakukan kontak langsung dengan pasien kasus Positif 02 Covid-19, seperti diberikan media ini sebelumnya. 

Diketahui 14 orang yang dinyatakan positif rapid test sebelumnya telah dilakukan karantina di RSUD Lakipadada namun dengan keluarnya hasil Swab dan dinyatakan negatif covid-19 maka 14 orang ini telah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. 

14 Sampel Swab yang dinyatakan negatif covid-19 diantaranya 2 orang tenaga kesehatan dari PKM Rembon, 4 orang tenaga kesehatan dari PKM Rantetayo, 1 orang tenaga kesehatan dari PKM Kondoran, 3 orang tenaga kesehatan dari PKM Bittuang, 2 orang tenaga kesehatan dari PKM Ulusalu, 1 orang tenaga kesehatan dari PKM Kurra dan satu orang lainnya adalah orang tanpa gejala (OTG). 

dr Syafari Mangopo,  melalui Media Center Satgas Covid-19 Tator kembali mengingatkan masyarakat agar meninggalkan stigma negatif terhadap pasien baik yang sudah positif Covid-19 apalagi yang baru berstatus positif rapid test. 

“orang yang dinyatakan positif rapid test belum tentu positif Covid-19 sehingga yang menentukan seseorang terinfeksi Covid-19 harus berdasarkan pemeriksaan Gold Standar WHO yaitu RT PCR melalui Swab. Sampai saat ini rujukan pemeriksaan sampel PCR dari RSUD Lakipadada dikirim ke BBLK Makassar milik Kementerian Kesehatan RI,” jelas Syafari. (* Albert) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini