by

Randis Ini Diparkir di Rumah Mantan Sekdisdik Toraja Utara, Pengadaannya Disoal

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Pemerintah Daerah Toraja Utara tampaknya tidak jeli dan teliti dalam menginventarisir dan mengamankan aset yang ada, termasuk kendaraan dinas (randis) baik roda dua maupun roda empat. Buktinya, ditemukan sebuah mobil dinas milik Dinas Pendidikan (Disdik) Torut masih tersimpan di rumah mantan Sesdisdik, ‘DS’. Mobil bermerek Triton ini yang merupakan mobil dinas pertama sejak Torut berdiri, sudah lama tidak difungsikan untuk kepentingan dinas. 

Menurut beberapa sumber, mobil pikap ini selama ini digunakan sekretaris dinas pada setiap kali pergantian jabatan Sesdisdik. Mulai dari Yacub Ponsendana yang kini menjabat Kadis Inforkom Torut hingga DS. Pengadaan mobil ini sendiri di era Gagak Sumule menjabat Kadis Pendidikan Torut.  “Itu mobil pertama di Torut mobil dinas. Waktu Pongsendana pergi jadi Kadis Dikpora 2008, waktu itu saya kadis. Pengadaannya 2009. Inova yang mau dibelikan DPR tapi kami tolak,” ujar Gagak Sumule, di kediamannya, di Tondon, baru-baru ini. 

Menurut Gagak yang kini pengawas sekolah, pengadaan randis ini ditangani P Tangkedatu, Sekretaris Dinas Pendidikan sekarang. “Yang urus dulu sekretaris yang sekarang. Waktu itu dia sebagai kasubag program. Nanti waktu Silambi pakai baru rusak. Yang pakai dulu saya, sudah itu Pak Rede, kemudian Calvin. Nanti setelah Calvin baru beli Inova, baru Yacub Pongsendana pakai itu mobil,” tuturnya. 

Namun ketika diungkap soal pengadaan randis tersebut yang konon kabarnya seken, Gagak mengatakan ia tidak mengetahui. “Itu saya tidak tahu. Yang tahu persis Tangkedatu seperti soal perpanjangan STNK. Coba tanya itu, siapa itu ee..Albert (maksudnya, Albert Sampelintin),” sebut perintis sekolah satap di Torut ini. 

Yacub Pongsendana yang dihubungi via WhatsApp (WA), mengatakan, dirinya menjabat Sesdisdik 2011. “Waktu itu mobil itu sudah ada. Jadi mungkin pengadaan 2009 atau 2010. Kalau menurut sopirnya memang mobil showroom karena waktu mau ganti perpanjangan STNK itu yang punya atas nama pribadi bukan Pemkab Torut. STNK 5 tahun diperbaharui saat itu terlihat atas nama pribadi baru balik nama,” jelas Kadis Inforkom tersebut

Keterangan Yacub ini kontradiksi dengan pengakuan Albert Sampelintin, saat ditemui di Wisma Pola, Rantepao, baru-baru ini. Menurut Albert, pengadaan mobil dinas tersebut berasal dari salah satu dealer. Namun ia tidak menyebut dealer dimaksud. “O iya itu mobil Triton mereknya, kayak Strada begitu. Dimanami itu mobil sekarang sudah lama saya tidak lihat. Mobil baru dulu dari dealer. Speknya sebenarnya mobil Hilux. Kalau saya tidak salah pagunya waktu itu 400 juta. Harganya 370 juta. Saya cuma dapat 5 juta saya pikir biarmi. Saya sempat dipanggil BPK masalah pajaknya kalau tidak salah, tapi beresmi,” ungkap Albert. 

Sementara itu, Sesdisdik Torut, P Tangkedatu, dikonfirmasi via WA, Minggu siang kemarin (26/4), tidak merespon. Pesan yang dikirim tersebut tersampaikan pukul 13.51 dan dibaca pukul 14.39 (klik biru). Namun hingga berita ini naik tayang hari ini, Senin (27/4), yang bersangkutan bungkam. (topan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini