by

CITIZEN REPORTER: Senator Sulsel Lily Salurapa Minta Internet Wajib Sampai Desa

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – “Sebagai upaya pemerataan Informasi dan kemudahan akses komunikasi, Wifi di tiap desa adalah solusi terbaik dari permasalahan tersebut. Oleh karena itu, kami meminta Pak Menteri Komunikasi dan Informatika agar bisa menghadirkan Jaringan Internet di desa-desa”.  

Statement di atas dilontarkan Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa SE, MM. Dia terlihat begitu konsen dalam upaya memperjuangkan hak-hak masyarakat desa. 

Melihat perkembangan zaman di era digital saat ini, dapat menuntun kita untuk memperoleh informasi secara mudah. Begitupun program-program Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, mampu menjawab sebuah tantangan Era Digital.

Diketahui, Pandemi Global Covid-19 saat ini menjadi sebuah jawaban dari tantangan tersebut. Kehadiran WiFi di desa juga merupakan bagian dari upaya melawan Covid-19 dengan cara menangkal informasi-informasi yang bohong (Hoax). Kinerja Menkominfo juga sudah dapat dirasakan oleh masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia. 

“Program Menkominfo sudah sesuai dengan track dan mampu menjawab tantangan yang diberikan saat ini. Beberapa wilayah sudah dapat dijangkau oleh internet bahkan sampai ke Daerah Tertinggal,Terdepan dan Terluar (3T). Memang dengan kondisi ini Internet menjadi kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan oleh kehidupan masyarakat,” kata Lily Salurapa saat dihubungi, Selasa (5/5). 

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 sekarang, semua aktifitas dilakukan di dalam rumah (work at home). Begitu juga terjadi di dunia pendidikan kita. Ini sebagai gambaran banyak pelajar yang harus naik turun bukit untuk memperoleh Jaringan Internet dari Provider Telekomunikasi yang cepat.

Permasalahan ini menjadi perhatian tersendiri Senator Lily Amelia Salurapa, dalam rapat kerja Anggota DPD RI bersama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi, Selasa lalu (5/4). Lily Salurapa meminta Menkominfo agar dapat menghadirkan akses internet di tiap-tiap desa.

“Program satu desa satu Wifi harus diwujudkan sebagai upaya memberikan akses terbaik untuk masyarakat di desa,” tegas Lily. Ditambahkan, Wifi yang diberikan untuk desa secara gratis hanya bisa diakses untuk kebutuhan pendidikan dan informasi saja. Bukan untuk main game atau buka konten-konten yang dilarang pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, lewat Rapat Online, Senator Sulsel ini memberikan gambaran tentang kondisi yang terjadi di Sulawesi Selatan saat ini, dimana banyak mahasiswa yang berada di daerah terisolir harus naik turun gunung setiap hari demi kuliah online. (Alvianus Somba)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini