by

Moda Transportasi Dibolehkan Beroperasi Lagi

JAKARTA, AIRTERKINI.COM – Pemerintah memberikan izin operasi kepada sejumlah moda transportasi untuk kembali mengangkut penumpang antar-daerah, terhitung mulai Kamis, 7 Mei 2020.

Kebijakan ini sebagai penjabaran dari Permenhub Nomor 25/2020 tentang pengaturan transportasi saat Mudik Lebaran. “Bukan relaksasi tapi penjabaran (Permenhub No. 25/2020),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ia menyampaikan hal ini dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI melalui telekonferensi, Rabu lalu (6/5).

Namun, kata Menhub, dengan catatan harus mentaati protokol kesehatan. Kemenkes dan BNPB nantinya akan menyusun kriteria penumpang, yang bisa atau diperbolehkan untuk bepergian keluar daerah di tengah kebijakan larang mudik tersebut.

“Pemberlakuannya mulai 7 Mei, pesawat segala macam dengan penumpang khusus, tapi tidak boleh mudik,” tegas Budi Karya. Masyarakat yang boleh bepergian keluar daerah itu hanyalah yang bertujuan untuk melakukan pekerjaan atau berkegiatan bisnis, serta jasa pengiriman logistik.

Pihaknya, kata dia, akan segera memberikan penjelasan publik secara bertahap. Mulai dari bagaimana implementasinya untuk moda transportasi udara.

“Jadi beruntung bapak anggota DPR boleh melakukan perjalanan sejauh itu, untuk urusan pekerjaan. Misal saya ke Palembang, bukan untuk mudik, tapi untuk mantau LRT. Itu enggak apa-apa,” kata Budi Karya.

Untuk detilnya secara marathon, kata Menhub, pihaknya akan sampaikan. “Siang ini dengan Dirjen Udara. Besok pagi dengan tiga Dirjen, kereta, darat dan laut, agar detilnya bisa disampaikan ke khalayak,” tuturnya. (*/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini