by

DPD PSI Tana Toraja Minta Transparansi Penggunaan Dana Covid-19

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, dalam tahun 2020, menganggarkan dana untuk penanganan Covid-19 sebesar  Rp107.399.000.000.

Dana tersebut terbagi kedalam tiga kelompok belanja, yakni Belanja Bidang Kesehatan (30 312 230 000), Penyediaan Jaring Pengaman Sosial (42 540 370.000), dan Penanganan Dampak Ekonomi (34 546 400 000).

Sayangnya, anggaran yang cukup besar untuk ukuran kabupaten ini, tidak terurai dengan jelas alias tidak transparan. Akibatnya, sejumlah pertanyaan muncul terkait peruntukan dana tersebut dari ketiga kelompok belanja dimaksud.

“Apa wujud aksi nyata dari ketiga kelompok belanja itu? Seperti belanja untuk penyediaan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak ekonomi. Ini membingungkan bila dikaitkan dengan program pemda selama ini. Anggaran point ini mudah diinterpretasi sesuka hati lalu bercampur baur dengan kampanye menjelang pilkada,” ujar Melky Gora Rantetana, Ketua DPD PSI Tana Toraja, via Whatsapp, baru-baru ini.

Pemda Tator, kata Melky, sudah pernah mengeluarkan anggaran untuk IT dengan jumlah yang cukup besar. Juga anggaran untuk Sistim Basis Kependudukan (semacam E-KTP). “Mengapa infrastruktur dan sistim IT tersebut tidak digunakan?,” timpalnya. 

Di era transparansi dan pemerintahan aspiratif sekarang, kata Melky lagi, Pemda Tator seharusnya meng-upload semua rencana kegiatan lengkap dengan penganggarannya. “Tidak bisa lagi ada yang ditutup-tutupi. Anggaran yang digunakan harus jelas dan transparan serta logis pertanggungjawabannya. Termasuk bagaimana aliran dananya, karena ini uang negara yang bersumber dari masyarakat juga,” jelas sosok muda yang dikenal energik dan progresif ini.

Soal transparansi ini, Melky kemudian meminta dan berharap masyarakat atau civil society untuk mengawal hal ini agar dana bencana sosial tersebut tidak bias penggunaannya. Pers dan LSM sebagai instrumen masyarakat, juga diharapkan berperan aktif dalam melaksanakan fungsi kontrolnya. (sep)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini