by

Guru PNS SDN 2 Rantepao Bantu Paket Honda dan Sukarela

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – SD Negeri 2 Rantepao di bawah kepemimpinan Ester Parewang, SPd, selaku Kepala Sekolah, benar-benar tokcer. Banyak yang sudah dilakukan dinilai positif dan perlu diapresiasi.

Teranyar, di tengah pandemi Covid-19, Ester menggagas membangun kepedulian kepada para guru honor dan sukarela di lingkungan SDN 2 Rantepao dengan memberi bantuan berupa paket. Bantuan yang bersumber dari dana saweran para guru PNS ini diserahkan Kamis, 14 Mei 2020. “Kami berikan paket tersebut kepada guru-guru honor baik honda maupun sukarela. Tidak terkecuali mulai dari guru senior sampai ke bujang sekolah,” ujar Ester Parewang di sela acara pemberian bantuan itu.

Apa yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian itu, kata Ester, merupakan salah satu program kegiatan sejak ia memimpin SDN 2 Rantepao 2018 yang lalu. “Banyak yang sudah saya lakukan di sini terutama bagaimana memenej, karena salah satu tugas kepsek adalah manajemen. Saya libatkan semua skateholder, mulai dari kepsek sampai bujang sekolah,” tuturnya.

Dengan penuh sukacita dan kasih, kata Ester, ia bersama dengan guru-guru yang sudah disertifikasi dan yang belum, mengadakan rapat.  “Bagaimana kita menghargai dan bagaimana cara, kasih, kepada sesama khususnya yang kena dampak Covid-19, terutama guru honor dan sukarela, kita bantu. Kami ambil inisiatif sendiri, dari pribadi kami sendiri. Ada yang masukkan 250ribu, 150ribu dan ada yang 100ribu, kami tidak standardkan. Tapi puji syukur dana yang terkumpul 2,5juta dan itulah yang kami berikan,” jelas Ester yang terbilang energik dan ramah ini. 

Diketahui, ada 17 guru non PNS di sekolah tersebut, terdiri dari 8 honorer daerah (honda) dan 9 tenaga sukarela. Ada tenaga pendidik dan kependidikan. “Mereka rajin, setia, kemudian loyalitas pada atasan,” ucap Ester.

Usai memberi bantuan paket, pihaknya, kata dia, merampungkan nilai jurnal laporan selama Covid-19. “Dan puji syukur ini berjalan dengan baik, lancar. Itu karena berkat Tuhan dan bekerja dengan hati. Kami di sini pak tidak ada jurang pemisah antara PNS, honor sekolah dan honor daerah. Sebagai kepsek saya rangkul mereka karena kebersamaan. Ini yang luar biasa. Saya tidak otoriter tapi demokratis,” beber Ester.

Tak heran, sejumlah prestasi diraih SDN 2 Rantepao. Diantaranya, Juara I Sekolah Bersih Sehat mewakili Torut di Tingkat Provinsi, Juara I UKS Terbaik, dan Juara I Perpustakaan Terbaik, serta lainnya. (topan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini