by

Pembagian Sembako JPS di Tana Toraja sudah Sasar 9.644 Penerima

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Satgas Covid-19 setempat kembali melanjutkan penyaluran paket Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat penerima Bantuan Sembako yang memenuhi syarat sejak Senin, 18 Mei 2020. 

Hingga hari ketiga, Rabu 20 Mei 2020, penyaluran lanjutan sembako JPS dari Pemda Tator sudah sampai kepada 9.644 penerima yang tersebar di 78 Lembang/Kelurahan di 12 Kecamatan dari 19 Kecamatan yang ada, yakni Makale, Makale Selatan, Makale Utara, Bittuang, Rano, Gandangbatu Sillanan, Mengkendek, Kurra, Rantetayo, Rembon, Sangalla, dan Sangalla Utara. 

Penyaluran lanjutan sembako JPS ini tidak hanya merujuk kepada KK kurang mampu namun juga berdasarkan data perseorangan dengan kriteria disabilitas, berumur 62 tahun ke atas, memiliki penyakit menahun/kronis/akut, tukang ojek, sopir, pangkas rambut, salon, dan lainnya

Paket sembako JPS yang disalurkan senilai 305.000 dalam bentuk barang dan uang tunai 50.000. Barang sembako dimaksud berupa beras 15 kg, telur 1 rak, mie instan 1 ball, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, ikan kaleng 4 buah, sabun mandi 2 buah, dan masker 2 buah. Pembagian Sembako lanjutan ini melalui Ketua RT selaku Satgas Covid-19 di wilayah kecamatan masing-masing. 

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae selaku Ketua Satgas Covid-19, mengatakan, pembagian sembako ini adalah lanjutan dari pembagian sembako bulan April. Pembagian dilanjutkan kembali karena masih banyak yang belum mendapatkan dan perlu ada distribusi pemerataan. 

“Pendistribusian lanjutan ini menggunakan sumber data dari RT dan didistribusikan langsung Ketua RT karena dianggap paling mengenali warganya. Pendataan dilakukan Satgas Covid-19 tingkat RT, diverifikasi Satgas Covid-19 Kelurahan /Lembang dan divalidasi Satgas Covid-19 Kecamatan. Sementara Satgas Covid-19 tingkat kabupaten bertugas menyediakan paket sembako berdasarkan data tersebut,” jelas Nicodemus Biringkanae. 

Bupati Tana Toraja ini meminta masyarakat untuk mengawasi proses penyaluran di lapangan dan jika masih ada masalah di lapangan terkait penyaluran bantuan, agar disampaikan lewat Posko Pengaduan di nomor 0853 4144 3841 dan 0852 4442 0766. “Pemda terbuka bagi seluruh masukan dan jangan larut dengan berita-berita hoax,” sebut Nicodemus Biringkanae.

Seluruh biaya penyaluran baik dari Kabupaten ke RT dan dari RT ke Penerima Manfaat, semuanya ditanggung Satgas Covid-19 Tana Toraja, sehingga tidak diperkenankan ada pemotongan dari bantuan yang harus sampai di masyarakat. Penyaluran lanjutan bantuan Sembako Pemda ini juga memberdayakan angkutan umum dan ojek agar kegiatan ekonomi tetap hidup. (sumber: Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini