by

Idealnya Nama BBK, Bandara Toraja Pongtiku

Oleh: Drs Tommy Tiranda *)

Dalam beberapa hari terakhir, pada momen persiapan rencana peresmian Bandara Buntu Kunik (BBK), nama sementara, yang dijadwalkan Agustus 2020 mendatang, muncul wacana soal nama bandara yang cocok untuk sebutan BBK yang terletak di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja.

Beberapa sebutan nama muncul ke permukaan dan ramai diperbincangkan di medsos, seperti di Facebook dan WA Group tertentu. Ada yang menyebut nama Toraja Internasional Airport dan lainnya. Namun terlepas dari nama-nama yang ada yang diusulkan, takarannya adalah tidak mengandung conflict of interest. Kata kuncinya, mengedepankan kepentingan publik dan daerah untuk tujuan bersama. 

Sejogjanya, semua pihak berpikir patriotik sehingga tidak ada egosentris individu maupun kelompok atau golongan. Kita bisa belajar dan membandingkan dengan daerah lainnya dI Indonesia dalam pemberian nama bandara. Umumnya nama bandara itu memakai nama Pahlawan Nasional asal daerah tersebut.

Seperti Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng Jakarta, Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali dan lainnya. 

Penyebutan nama bandara dengan memakai nama pahlawan ini, merupakan wujud patriotisme warga masyarakat setempat dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanan dan mengenang serta mengabadikannya lewat penyebutan nama bandara. 

Benar adagium yang mengatakan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Ungkapan ini disampaikan mantan Presiden RI, Ir Soekarno, lewat pidatonya pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961.

Penulis ingin mengatakan, idealnya, nama yang pas untuk Bandara Buntu Kunik adalah Bandara Toraja Pongtiku (BTP) Nama ini mengandung makna dan konteks Sangtorayan. Pongtiku adalah Pahlawan Nasional asal Toraja. Pongtiku menjadi ikon pemersatu Sangtorayan. Bagaimana pendapat anda ?

*) Penulis adalah Pimpinan Redaksi Airterkini.com, Ketua Toraja Transparansi, Direktur Eksekutif WASINDO, Presidium AMTAK, dan Anggota LP2KN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. Sangat ideal jika nama Bandara di ambil dari nama Pahlawan Daerah Toraja seperti nama Pongtiku, atau nama Umum yg bisa di terima masyarakat lokal, misal yg lbh umum & simple ad/ BANDARA “TANA TORAJA”

Berita Terkini