by

Peresmian Bandara Buntu Kunik Toraja, Perlu Bentuk Panitia Urus Persiapan

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pembangunan Bandara Buntuk Kunik di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, segera akan rampung. Targetnya, Mei tahun ini untuk tahap I. Ini berdasarkan estimasi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dilansir sebuah media online nasional, beberapa waktu lalu.

“Bulan Mei 2020 sudah bisa selesai dan beroperasi untuk tahap I, dengan panjang runway 1.600 meter yang bisa didarati pesawat (tipe) ATR berkapasitas 72 penumpang,” jelas Menhub. Bahkan jadwal peresmiannya pun, berdasarkan daftar surat kegiatan infrastruktur transportasi dari Kemenhub, telah diancang-ancang Agustus 2020 mendatang. 

Presiden RI Joko Widodo rencana yang akan meresmikan langsung. Bandara Buntu Kunik (BBK) masuk daftar nomor 30 dari 31 proyek yang akan diresmikan. “Sudah kami sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, surat itu berisi persiapan untuk peresmian,” kata Kepala Bandara Pongtiku Tana Toraja, Jefriadi, Jumat lalu (15/5/). Pihaknya berharap tidak ada lagi perubahan dari jadwal tersebut.

Dengan rencana tersebut, Pemda Tana Toraja mulai sekarang sudah seharusnya bersiap diri dengan menyusun langkah-langkah persiapan. Mulai dari aspek pembiayaan dengan anggaran peresmian yang tersedia serta menyusun dan membentuk panitia pelaksana (panpel). Panitia tersebut bekerja tidak hanya mengurus ceremoni peresmian tapi menyelesaikan klarifikasi semua permasalahan yang ada di balik pembangunan BBK. 

“Iya seingat saya kalau tidak salah masih ada masalah yang lalu menyangkut lahan warga atau soal pembebasan lahan. Jangan sampai ini menjadi kendala lagi dan menjadi kurang bagus kalau pada saatnya Bapak Presiden datang meresmikan. Memang sebaiknya bentuk panitia. Panitia yang akan bekerja maksimal termasuk mengklirkan masalah-masalah yang masih ada,” ujar Irjen Pol (Purn) Drs Mathius Salempang, kepada Airterkini.com, via ponsel, Rabu kemarin (20/5). 

Senada disampaikan Drs Rony Rumengan, Ketua Yayasan Peduli Tondok Toraya (YPT2). Rony yang juga Pemimpin Umum Korantator.com ini, berharap, peresmian BBK oleh Presiden Jokowi nantinya, tidak menyisakan masalah. “Artinya, benahi mulai sekarang hal-hal yang masih menjadi kendala sehingga pada saat peresmian semuanya klir. Mungkin ini tugas panitia nantinya. Bentuk panitia sekarang karena mereka sudah harus bekerja. Ini waktu tidak terasa lagi, sekarang sudah masuk minggu ketiga Mei,” jelas Jurnalis senior yang berdiam di Jakarta. (tom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini