by

Soal Mutasi Guru, Kadisdik Tator: Baru Direalisasikan Tahun Ajaran 2020

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Setelah ramai diperbincangkan di masyarakat khususnya kalangan guru mengenai mutasi, Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja Drs Anthon Toding akhirnya angkat bicara.

Menurut Anthon Toding, mutasi guru sudah sesuai prosedur. Ini sesuai hasil kesepakatan bersama para kepala sekolah dan masing-masing wilayah pengawas guru. Dengan kesepakatan maka keluarlah SK mutasi guru 2019.

“SK 2019 mutasi guru tidak ada perubahan, SD 161 dan SLTP 109 orang,” kata Anthon Toding, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/5).

Dicecar berbagai pertanyaan terkait kriteria guru yang akan dimutasi, Sang Kadis terus berupaya mengalihkan pembicaraan hingga membuat jurnalis Airterkini.com sempat bingung.

Anthon Toding mengungkapkan, sesuai petunjuk SK 2019, mutasi guru itu seharusnya dilakukan  pada tahun ajaran 2019. Tapi karena suatu dan lain hal, SK mutasi baru direalisasikan setelah tahun ajaran 2020.

“Mutasi itu jangan digiring ke ranah politik. Ini murni soal  pemerataan guru di kota dengan di pelosok desa. Bayangkan ada sekolah di pelosok desa hanya satu guru PNS. Sementara di sekolah lain ada guru satu mata pelajaran 5 guru PNS yang back-up,” jelasnya.

Meski demikian, dengan adanya pertimbangan dari pihak DPRD dan Bupati Tator Nico Biringkanae, mutasi guru akan ada pengecualian. “Kalau masa kerja guru sisa dua tahun atau mendekati pensiun, akan ada penyesuaian mengingat suatu dan lain hal. Itu kami bisa bijaksanai,” ucap Anthon.

BACA JUGA : Dewan Tator Akan Panggil Kadis Pendidikan

Disinggung soal pemanggilan dirinya oleh Anggota Komisi 1 di Kantor DPRD Tator, Kamis 28 Mei, terkait SK mutasi tersebut, Kadis Pendidikan tidak mengakui. “Saya dipanggil bukan soal SK mutasi guru. Itu hanya bagian di dalam program dinas pendidikan,” kilahnya.

Sementara Kepala Sekolah SLTP Negeri 1 Sangalla’, Victor Panennek, S.Pd, mengaku jika ada 5 guru kelas dipindahkan ke pelosok. “Ya ada istri mantan Kepsek SLTP Negeri 1 Sangalla’, juga dipindahkan ke Bonggakaradeng,” pungkasnya (gis).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini