by

Aneh Bin Ajaib! Mutasi Guru Di Tana Toraja Tak Diketahui Sekabnya, Ada Apa?

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Hal yang menakjubkan, mutasi para guru di Tana Toraja belum lama ini, tidak diketahui Sekabnya. Banyak pihak bertanya-tanya mengapa sampai hal tersebut terjadi. Apalagi ini menyangkut administrasi birokrasi pemerintahan. 

Sekab Tana Toraja, Samuel T Bura, ketika dihubungi, baru-baru ini, membenarkan jika dirinya tidak dilibatkan dalam mutasi guru yang dilakukan Dinas Pendidikan di tengah pandemi Covid-19.  

Pihaknya, kata Samuel Bura, tidak diberitahu. Yang mengorganisir mutasi itu adalah Dinas Pendidikan dan BKD Tator. Sedang dirinya, tambahnya, sama sekali tidak dilibatkan.

Samuel baru mengetahui ada mutasi setelah mendengar dan membaca informasi atau berita dari medsos. Adanya mutasi guru ala ‘koboi’ ini tentu saja mengundang komentar berbagai pihak.

Seperti komentar Drs Rony Rumengan, Ketua Yayasan Peduli Tondok Toraya. Dihubungi via handphone, Jumat sore (5/6), Rony mengatakan, model mutasi seperti yang dilakukan itu jelas menyalahi ketentuan yang berlaku.

“Apalagi tanpa sepengetahuan sekda. Cara ini tidak benar. Sekda sama dengan kepala staf. Pejabat tertertinggi PNS atau ASN di daerah kan sekda. Masa’ beliau tidak dilibatkan sementara yang dimutasi itu PNS, kan rancu,” terang Rony.

Wartawan Senior yang juga Owner Korantator.com ini, menyayangkan cara mutasi yang diduga maladministrasi tersebut. “Ini jadi preseden buruk kedepan. Harus ada klarifikasi dan tanggungjawab kadis pendidikan. Apalagi ini urusan pendidikan, tidak bisa semaunya,” tandas Rony. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini