by

New Normal, Torut Berlakukan Ibadah Di Gereja Tanpa Pundi Kolekte

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Dari sekian kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan, hanya Toraja Utara yang diberi izin dari pusat berlakukan New Normal. Dengan new normal, ibadah jemaat setiap hari Minggu di Gereja diberlakukan

Namun ada hal yang lasim saat ibadah di gereja setiap hari minggu bagi umat Kristiani, tidak dilakukan. Seperti pundi kolekte persembahan biasanya dijalankan, sekarang tidak. Begitu pun jam ibadah dibatasi maksimal 1 jam.

“Kami sudah berlakukan ibadah di gereja setiap hari Minggu, namun jam dibatasi maksimal ibadah satu jam saja dan, persembahan kolekte yang biasanya dilakukan di gereja ditiadakan,” kata Juru Bicara (Jubir) Satuan Gugus Covid-19 Pemda Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, kepada Airterkini.com di Kantor Bupati Toraja Utara, Kamis (9/6).

Yaya mengatakan, salah satu alasan persembahan kolekte tidak dijalankan karena menjaga penularan Covid-19. “Bayangkan ketika ada seorang jemaat yang kena virus, pegang kolekte lalu dipindah-tangankan, bisa saja orang lain tertular. Jadi lebih baik kita saling menjaga,” ujar Yaya.

Agar tidak mengesampingkan persembahan syukur lewat kolekte, gereja bisa membuat kotak persembahan di pintu masuk gereja atau di depan jemaat beribadah.

Selain jam ibadah dibatasi, diberlakukan pengelompokan ibadah setiap gereja. Setiap jam ibadah pada hari Minggu jemaat dibatasi masuk ruang gereja maksimal 30 persen. “Misalnya gereja A jumlah jemaatnya 120 orang, kalau dihitung 30 persen dari 120 berarti hanya 36 orang saja yang bisa ikut ibadah setiap jam. Begitupun ibadah selanjutnya. Jadi gereja A lakukan ibadah 4 kali setiap hari Minggu,” ungkapnya.

Meski demikian, setiap ibadah di gereja harus memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. “Bagi lansia untuk sementara dilarang masuk dulu. Itu pun kalau ada harus dicarikan tempat tersendiri,” tutur Yaya. (gis/sandy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini