by

New Normal, Pemda Torut Izinkan Prosesi Pemakaman Jenazah

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Di tengah pandemi Covid-19, Toraja Utara, seperti dilansir media ini yang lalu, telah diizinkan memberlakukan sistem New Normal. Pemda Torut sudah mulai membuka ruang bagi masyarakat untuk beraktifitas seperti biasa. Namun ada batas-batasnya. Sebagai contoh, ibadah di gereja setiap hari minggu. Jumlah jemaat masih dibatasi. 

Sekarang, Pemda Torut memberi kelonggaran dalam hal prosesi pemakaman jenazah. Menurut Juru Bicara Satuan Gugus Covid-19 Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, pemberlakuan prosesi pemakaman jenazah sudah bisa dilaksanakan namun dalam batas-batas tertentu. Semisal, jika seorang warga meninggal dunia dapat diupacarakan selama dua hari saja.

“Hari ini meninggal misalnya, dua hari berturut- turut bisa dilakukan ibadah penghiburan dan prosesi penguburan jenazah dengan sesederhana mungkin. Toh kalau mayatnya masih mau disimpan tak ada masalah, cuma kegiatan ibadahnya maksimal dua hari saja,” kata Yaya, kepada Airterkini.com, di Kantor Bupati Torut, Rabu, 10 Juni 2020. 

Tidak tertutup kemungkinan, tambah Yaya, Pemda Torut memberlakukan prosesi upacara pemakaman jenazah tanpa ada batasan. “Intinya pemerintah akan mempelajari perkembangan dampak Covid-19. Kalau memang sudah bisa dilakukan upacara pemakaman seperti biasa, kenapa tidak. Kita akan pantau terus perkembangan,” ujar Yaya.

Meski demikian, Pemda Torut berharap dukungan dan partisipasi masyarakat untuk tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. (gis) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini