by

KPU Siap Gelar Pilkada Serentak 2020 Dengan Protokol Covid-19

JAKARTA, AIRTERKINI.COM – Meski pandemik Covid-19 belum ditahu kapan berakhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan siap menggelar Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Untuk itu, KPU telah memenuhi semua komitmen yang dibutuhkan dalam melaksanakan tahapan pemilihan lanjutan, seperti menyusun PKPU tentang Pelaksanaan Pemilihan 2020 di tengah mewabahnya Covid-19 dan revisi PKPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal serta melakukan realokasi anggaran. 

Kesiapan KPU melaksanakan Pilkada Serentak yang akan datang, disampaikan lewat Rilis Humas KPU 12 Juni 2020. Hanya saja, KPU masih perlu mendapat kepastian dukungan anggaran. Pasalnya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak mungkin melaksanakan verifikasi faktual sebelum mendapatkan kepastian tentang Alat Pelindung Diri (APD).

Itu sebabnya, KPU akan bermohon untuk konsultasi dengan Pemerintah dan Komisi II DPR RI guna membahas rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19. 

Baca Juga : ini-perintah-kabaharkam-polri-untuk-seluruh-kapolda-penting

Tahapan pemilihan lanjutan dilaksanakan mulai 15 Juni 2020, sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 yang diundangkan 12 Juni 2020. 

Dengan tetap mempertimbangkan kesiapan penyelenggara di daerah, KPU melakukan perubahan jadwal tahapan verifikasi faktual pasangan calon perseorangan yang awalnya 18 Juni 2020, diundur 24 Juni 2020. KPU juga akan mengundurkan jadwal penyerahan data pemilih tambahan dari Kemendagri kepada KPU yang semula 15 Juni 2020 menjadi 18 Juni 2020. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini