by

Akibat Covid-19, KPU Tana Toraja Buat Anggaran Baru Sebesar 1,9 Miliar

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pandemi Covid-19 boleh dikata berdampak sistemik dan mendunia.  Efeknya sangat luar biasa, menyentuh seluruh sendi kehidupan manusia di muka bumi. Selain menelan korban, ia mampu memporak-porandakan perekonomian berbagai negara. Khusus di Indonesia, salah satu dampaknya berkaitan dengan perencanaan pembangunan dan program kegiatan serta penganggaran

Teranyar, akibat Covid-19, tahapan pilkada serentak 2020 harus ditunda ke Desember mendatang. Khusus di Tana Toraja, KPU setempat terpaksa harus mengajukan anggaran baru sebesar Rp1,9 Miliar untuk alat protokol kesehatan.

“Pengajuan anggaran sebesar 1,9 Miliar ini untuk penanganan protokol kesehatan Covid-19,” kata Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa, saat konferensi pers, di kantor KPU setempat, Rabu, 17 Juni 2020.

Rizal mengatakan, anggaran protokol kesehatan senilai 1,9 Miliar, sementara  dalam tahap pengajuan ke pemerintah pusat dan daerah. 

Namun, katanya, anggaran protokol kesehatan ini diharapkan dalam bentuk barang. “Kami harap anggaran 1,9 Miliar itu bukan dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk barang. Alasannya karena KPU tidak memiliki SDM khusus menangani alat protokol kesehatan,” ungkap Rizal.

Di hadapan belasan jurnalis media online, cetak, dan elektronik, Rizal juga mengatakan, sangat memahami peran media dalam pilkada. Apalagi dengan adanya Covid-19 tentu calon bupati dan wakil bupati Tana Toraja lebih banyak mengandalkan media. 

Untuk itu, jurnalis senior ini sangat berharap peran serta media dalam mengawal tahapan pilkada. “Peran media sangat penting. Pilkada ini mau diarahkan kemana, tergantung teman-teman media,”. ujarnya. 

Sebagai informasi, pengumuman dan penetapan pasangan calon bupati dan wakil diselenggarakan 23 September 2020. Sedang masa kampanye dimulai 26 September hingga  5 Desember 2020.

“Kalau  tiba masa kampanye pasangan colon bupati dan wakil bupati tidak diperbolehkan mengerahkan massa, mengingat protokol kesehatan harus dipatuhi. Maksimal 20 orang saja,” tutur Rizal seraya menambahkan, tahapan pemungutan suara 9 Desember 2020. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini