by

KPU Segera Terbitkan Surat Edaran Penerapan Protokol Kesehatan

JAKARTA, AIRTERKINI.COM – Berkait pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum segera menerbitkan Surat Edaran mengenai penerapan protokol kesehatan selama berlangsungnya tahapan Pilkada Serentak 2020. SE tersebut akan diterapkan sembari menunggu Peraturan KPU (PKPU) diundangkan.

“KPU akan mengesahkan protokol kesehatan dalam bentuk surat edaran,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.

Adanya SE itu membuat KPU provinsi, kabupaten, dan kota dapat melangsungkan tahapan verifikasi faktual dukungan calon kepala daerah perseorangan pada 24 Juni 2020. SE itu sudah mengatur soal penerapan protokol kesehatan untuk penyelenggara pemilu.

Ditambahkan Pramono, PKPU masih harus melewati dua tahapan untuk dapat diundangkan. Untuk itu, KPU rencana berkonsultasi dengan Komisi II DPR RI dan Pemerintah terkait PKPU, Senin, 22 Juni 2020.

Setelah itu, PKPU baru masuk tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. “Melihat situasi saat ini maka ada kondisi yang agak mengkhawatirkan. Karena waktunya sangat mendesak,” tuturnya.

Pramono menyampaikan SE yang diterbitkan KPU masih dapat berubah menyesuaikan kondisi di lapangan. Terlebih apabila terdapat usul dan saran atas draf PKPU pada tahap konsultasi dan harmonisasi.

“PKPU ini sangat penting bagi seluruh jajaran KPU agar mereka punya landasan hukum pada saat melaksanakan tahapan-tahapan sesuai dengan protokol kesehatan,” imbuhnya. (*/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini