by

Dikonfirmasi Soal Dana BOS, Kadisdik Tana Toraja Terkesan Menghindar, Ada Apa?

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Jabatan mestinya dipandang sebagai sebuah amanah untuk menjadi pelayan masyarakat. Dengan tanggungjawab dan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang dimiliki, maka seorang pejabat itu harus jujur dan transparan atau terbuka dalam mengemban amanah itu. 

Namun tidak demikian yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tana Toraja, Drs Anthon Toding. Hal ini terungkap saat awak media ini berupaya untuk menemuinya. Sang Kadis terkesan menghindar. Padahal sebelumnya, yakni Rabu, 17 Juni 2020, Airterkini telah menghubunginya dengan menyampaikan rencana dan maksud kedatangan. 

Yang hendak dikonfirmasi terkait aliran dana BOS semenjak sekolah diliburkan akibat Covid-19. Kadis Anthon Toding hanya merespon, ada rapat dengan Bupati Tator saat itu. “Maaf dek saya mau ke Rujab. Ada rapat di sana. Nanti kalau sudah selesai baru saya kabari,” janji Kadis. 

Baca Juga : Akibat Covid 19 KPU Tator Buat Anggaran Baru Sebesar 1,9 Milyar

Tonton Video : SMT Bantu 3 Bersaudara Lumpuh si Toraja

Setelah menunggu lama dan tak ada juga kabar, yang berarti janji tidak ditepati, sementara yang ingin dikonfirmasi super penting, awak media ini tidak tinggal diam dengan terus mengirim pesan WhatsApp (WA) kepada yang bersangkutan, Sabtu (20/6).

Saat itu, Anthon lagi-lagi berdalih dengan gaya silatnya. “Saya ada rapat DAK. Saya bisa temui kalau saya sudah di kantor. Tulis saja. Tak ada masalah,” jawab Anthon dengan nada arogan dan menantang.

Diketahui, semenjak Covid-19 menyebar April, SD dan SMP diliburkan. Tentu dana BOS untuk operasional dan lain-lainnya tak sepenuhnya dipergunakan karena siswa-siswi diliburkan. Para guru, peserta didik, dan masyarakat Tana Toraja tentu sangat membutuhkan informasi tentang pendidikan, mengingat ruang gerak guru sangat terbatas akibat Covid-19. 

Karena itu, tidaklah pantas seorang pejabat publik terkesan menutup diri atau tertutup kepada media. Keadaan ini justru dapat mengundang kecurigaan pihak lain hingga bertanya-tanya ada apa. (gis).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Kadang2 media terlalu lebay menyampaikan berita. Merasa diri paling penting dan so’ ngancam. Ada banyak pekerjaan yg harus dilakukan daripada melayani wartawan receh seperti ini

Berita Terkini