by

KPK Ungkap 13 Daerah Penyumbang Angka Kasus Korupsi Terbanyak Di Indonesia

JAKARTA, AIRTERKINI.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan ada 13 daerah di Indonesia yang menyumbangkan angka kasus korupsi terbanyak sejak 2004 hingga 2019.

“Supaya kita bisa melihat daerah-daerah mana saja yang sering atau rentan terjadi korupsi,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam diskusi interaktif KPK dengan gubernur se-Indonesia melalui konferensi televideo, Rabu (24/6).

Firli menyebut pemerintah pusat masih tercatat sebagai tempat terjadinya tindak pidana rasuah dengan angka 359 kasus. Namun, daerah Jawa Barat tercatat sebagai wilayah dengan jumlah kasus terbanyak dengan 101 kasus.

Peringkat berikutnya disusul Jawa Timur 85 kasus dan Sumatra Utara 64 kasus. Kemudian, DKI Jakarta dengan 61 kasus, Riau dan Kepulauan Riau dengan total 51 kasus, Jawa Tengah 49 kasus, Lampung 30 kasus, dan Banten 24 kasus.

Selanjutnya disusul Sumatra Selatan, Bengkulu, Kalimantan Timur, dan Papua dengan total 22 kasus.

BACA JUGA : Ketua Umum IWO: Bansos Tidak Boleh Ada yang Tidak Valid

KPK sengaja mengungkapkan data ini untuk upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di tengah pandemi Covid-19. Namun, pemerintah daerah diminta tak takut saat mengambil keputusan. Khususnya, kebijakan yang berkaitan dengan anggaran.

“Tidak perlu para gubernur kuatir. Dan tidak perlu juga membuat ketakutan atau tidak berani juga mengambil keputusan,” tegas Firli.

Pejabat, tandasnya, dijerat pidana korupsi karena melakukan perbuatan melawan hukum. Perbuatan itu menguntungkan diri sendiri atau orang lain dan didasari niat jahat.

“Jadi ada mens rea (niat), dan actus reus (perbuatan melanggar undang-undang). Itu yang bisa ditetapkan pertanggungjawaban,” ucap Firli.

Mantan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri ini mengingatkan pejabat jangan lancang mengutip uang negara demi keuntungan pribadi. Hukuman bagi koruptor di tengah pandemi Covid-19 sangat berat.

“Korupsi di masa pandemi Covid-19 ini memang ancamannya hukuman mati. Itu yang saya ingatkan,” tegas Firli. (*/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini