by

TNI-POLRI Siap Kawal Pembukaan Kawasan Wisata Alam Di tengah Pandemi

JAKARTA, AIRTERKINI.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, membolehkan dibukanya kawasan pariwisata alam yang berada di zona hijau dan kuning untuk umum di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan ini diambil sebagai awal dimulainya aktivitas berbasis ekosistem dan konservasi dengan tingkat risiko paling ringan. 

Pariwisata alam yang dibolehkan untuk dibuka secara bertahap adalah kawasan wisata bahari, kawasan konservasi air, kawasan wisata petualangan, kawasan taman nasional, kawasan taman wisata alam, kawasan hutan raya, suaka margasatwa, geopark, pariwisata alam non kawasan konservasi, kebun raya, kebun binatang, taman safari, desa wisata dan kawasan wisata alam yang dikelola masyarakat. 

Untuk mengamankan kebijakan tersebut, TNI-Polri tentu turut mendukung dengan melakukan pengawalan. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menegaskan, pihaknya siap melakukan pengamanan dan pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat wisata tersebut. 

“Personel TNI-Polri akan ikut membantu pemerintah dalam hal ini gugus tugas dalam mengatur dan mengedukasi masyarakat agar menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata tetap menerapkan standar protokol kesehatan,” kata Argo dalam keterangannya di hadapan wartawan, di Jakarta, Selasa (23/6).

Ditambahkan, kehadiran TNI-Polri bukan semata-mata untuk penegakan hukum. Tapi melakukan pendekatan humanis dan persuasif agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Aparat keamanan, katanya, akan membantu memberi sosialisasi, edukasi, dan pemahaman kepada masyarakat. 

“Kami akan kedepankan cara-cara persuasif dan humanis kepada masyarakat. Kami tetap dalam kerangka bagaimana mengedukasi masyarakat agar bisa disiplin dalam hal standar protokol kesehatan,” terang mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini. (*/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini