by

Ketua DPRD Tator Welem Sambolangi Pimpin Aksi Pembersihan Sungai Makale

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pandemi COVID-19 tak menyurutkan niat dan semangat untuk bekerja bakti. Seperti yang dilakukan Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, memimpin aksi gotong royong pembersihan bantaran sungai di Makale, Senin (29/6).

Kerja bakti tersebut melibatkan ratusan personil, terdiri dari unsur Satgas Covid-19, Relawan Kasimpo, Pemerintah Kecamatan Makale, Pemerintah Kelurahan Se-Makale, Personil Babinsa Kodim 1414 Tana Toraja.

“Menghadapi masa new normal di tengah pandemi wabah virus corona, semua pihak menjalankan protokol kesehatan. Namun tidak kalah pentingnya, kebersihan lingkungan juga harus tetap terjaga,” ujar Welem Sambolangi.

Ketua DPRD Tator ini, lebih jauh mengatakan, personil yang terlibat dalam aksi gotong royong tersebut menyusuri sungai Surame yang melintasi kota Makale sepanjang dua kilometer. Mereka membersihkan tumpukan sampah organik maupun anorganik yang ada di aliran/pinggir sungai. Tumpukan sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan tiga truk sampah milik pemerintah daerah. 

BACA JUGA : Kepala BPKAD Tana Toraja Instruksikan Semua Tunggakan Pajak Aset Daerah Segera Dibayar

TONTON VIDEO : Ucapan HUT Bayangkara,Kalem Batualu Selatan, Iin Londong Allo di Kantor Airterkini

Sungai yang melintas di kota Makale, menurut Welem, jika tidak dijaga berpotensi menimbulkan banjir. Sampah yang menumpuk menyebabkan penyempitan aliran sungai. Sehingga, jika hujan deras turun, aliran sungai tertahan oleh sampah dan air sungai akan meluap hingga ke pemukiman warga. 

Oleh sebab itu, kepedulian menjaga kebersihan sungai sangat penting agar manfaat sungai benar-benar dirasakan. “Mari kita bersama-sama mejaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sungai. Sebab, sungai bukanlah tempat membuang sampah melainkan sumber kehidupan yang harus terus dijaga kebersihan dan kelestariannya,” jelas Welem.

Sementara itu, Camat Makale Letris Parubak mengatakan, kegiatan pembersihan sungai bukan hanya menciptakan sungai yang bersih tetapi juga menumbuhkan¬† semangat kerjasama dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat. “Kegiatan bersih sungai oleh DPRD, Satgas Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta Relawan, dapat memberikan edukasi ke masyarakat untuk menjalin kebersamaan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan,” beber Letris. (jon/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini