by

Pemerintah Kelurahan Malango’ Tertibkan Para PKL Di Pasar Pagi

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Guna menata dan membersihkan wilayah Kelurahan Malango’, Rantepao, terutama di sekitar kantor kelurahan seperti Jl U Abdul Gani dimana terdapat Pasar Pagi, Pemerintah Kelurahan Malango di bawah kendali Lurah Malango, Joni Paembonan, menertibkan para pedagang kaki lima (PKL), Senin, 29 Juni 2020.

Sehari sebelumnya, Minggu (28/6), pihak Pemkel Malango’ mengadakan sosialisasi penertiban. Adanya langkah penertiban ini, berdasarkan pantauan awak media, lantaran masih ada PKL yang berjualan di jalan. Juga adanya oknum-oknum yang menguasai bagian tertentu dijadikan gudang, padahal tempat tersebut untuk berjualan. 

BACA JUGA : HUT Bhayangkara Ke-74, Jajaran Polres Torut Ziarah Ke TMP Buntu Lepong

Ini berarti tidak lagi sesuai peruntukan serta menyalahi asas manfaat. Diduga ada oknum pengelola pasar yang bermain. Meskipun para PKL sudah banyak yang mendapat tempat, mereka tetap berjualan di jalan. Seperti di Jl Abdul Gani dan jalan tepi sungai yang baru selesai dikerja lewat Program Kotaku. Jalan baru ini untuk alternatif akses warga yang datang berbelanja serta PKL. 

TONTON VIDIO :
Korban PHK, Karyawan PT. Malea Mengadu ke DPRD Tana Toraja

Upaya penertiban dilaksanakan secara terpadu dengan melibatkan Satpol PP, Bapenda, dan Babinsa Kelurahan Malango’. Menurut Lurah Malango’, Joni Paembonan, yang ditemui di sela penertiban, pihaknya sejauh ini kesulitan dalam menertibkan karena tidak tertatanya PKL dalam pasar.

“Banyak PKL yang monopoli pasar sehingga pedagang lain tidak punya tempat. Akhirnya mereka keluar berjuang di bahu jalan Abdul Gani dan menjual di sepanjang jalan pasar pagi yang merupakan akses umum. Sementara jalan di pinggir sungai menjadi jalan utama para pedagang yang membawa barang jualannya di pasar dan juga sebagai akses pembeli. Kondisi yang semrawut ini kalau tidak ditertibkan juga mengganggu arus lalulintas dan mengakibatkan kemacetan,” jelas Lurah Malango’ yang dikenal merakyat ini. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini