by

Kabut Tebal Bukit Rumandan, Mengundang Pesona Bagai Firdaus

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Panorama negeri di atas awan berupa pemandangan kabut tebal, sunset dan sunrice yang berada di ketinggian, kini tengah menjadi trend wisata Toraja, bahkan Indonesia pada umumnya. 

Namun, siapa sangka, fenomena alam berupa pemandangan kabut tebal itu, ternyata ada juga di Kecamatan Rano, Kabupaten Tana Toraja. Tepatnya, di salah satu lembang, yakni Lembang Rumandan. 

Mengintip sejarah singkat, menurut hasil pantauan dan interaksi langsung dengan masyarakat Rumandan, julukan lembang ini konon diambil dari sebuah bukit yang terletak di dusun Langdoan, sebelah timur Lembang Rumandan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Enrekang. 

“Bukit tersebut diberi julukan ‘Rumandan’ yang artinya Rumah Komandan. Bukit ini merupakan pusat komando pada masa perang suku,” tutur Elyakim Jaka yang sempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lembang Rumandan. 

Ada hal menarik dari Bukit Rumandan. Selain diambil sebagai nama desa, di puncak bukit pada pagi hari, mata akan dimanjakan dengan menyaksikan keindahan alam, termasuk melihat awan yang masih menyelimuti lembang yang berada di bawah Bukit Rumandan.

BACA JUGA : Warga Lembang Bau Selatan Tandu Orang Sakit Sejauh 7 Km

TONTON VIDEO : Dandim 1414 Tana Toraja, Bersama Kapolres Tana Toraja di HUT Bhayangkara ke 74

Fenomena kabut tebal terjadi di saat peralihan waktu dari malam ke pagi. Karenanya, fenomena ini hanya akan terlihat dalam beberapa jam. Setelah waktu menunjukan pukul 8 pagi, kabut tebal sedikit demi sedikit menghilang seiring mentari kian memancarkan cahayanya ke bumi. 

Untuk itu, Anda harus datang ke lokasi ini pada pagi hari atau sekitar pukul 5 pagi dan sebisa mungkin ketika musim kemarau atau pada saat hujan turun di sore hari.

Fenomena kabut tebal di lokasi ini juga bisa disaksikan di saat sore hari atau petang menuju malam. Apalagi sebelumnya sudah terjadi hujan. Karena setelah hujan, alam akan menampakkan kabut lebih tebal dan lebih lama. Namun kondisi ini memang jarang terjadi karena lebih dipengaruhi oleh cuaca.

Di Puncak Bukit Rumandan sangat bagus untuk camping. Selain itu jalur menuju puncak tidak terlalu ekstrim bahkan kendaraan roda 2 bisa sampai ke puncak bukit.

Terdapat akses jalan menuju lokasi Puncak Bukit Rumandan. Apabila dari arah Makale Kota hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan.

Jika patokannya dari Bonggakaradeng, tinggal menuju ke Lembang Rano Utara untuk sampai ke lokasi negeri di atas awan Puncak Bukit Rumandan. Setelah sampai di Lembang Rano Utara, selanjutnya menuju Lembang Rano Tengah hingga Lembang Rumandan. (albert agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini