by

KPU Tana Toraja Laksanakan BIMTEK Serentak PPS dan PPDP

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Usai melaksanakan bimbingan teknis (BIMTEK) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (2/7), seperti diberitakan media ini pekan lalu, KPU Tator kini melanjutkan ketahapan berikutnya yakni Bimtek untuk PPS dan PPDP serentak di-19 Kecamatan Kabupaten Tana Toraja, 7 – 11 Juli 2020.  

Khusus Kecamatan Rantetayo, Bimtek dilaksanakan Selasa, 7 Juli 2020, bertempat di Kantor Camat Rantetayo. Hadir 23 peserta PPDP dan PPS dari 3 lembang/kelurahan. Sedang untuk 3 lembang/kelurahan lainnya dijadwalkan 8 Juli 2020.

Sebelum memulai tugasnya 15 Juli 2020, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendapatkan Bimtek terlebih dahulu di masing-masing wilayah. Bimtek PPDP menyangkut tatacara teknis Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) data pemilih yang akan digunakan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja  9 Desember 2020 mendatang. 

Intan Parerungan, salah satu komisioner KPU Tator membidangi Divisi Perencanaan dan Informasi, dalam Bimtek ini mengatakan, PPDP sebagai ujung tombak KPU dalam melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih harus teliti agar seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih bisa menggunakan hak konstitusionalnya.

Juga disampaikan soal jadwal dan tahapan pemutakhiran data serta penyusunan daftar pemilih. “Waktu pelaksanaan COKLIT, mulai dari persiapan tanggal 24 Juni sampai 14 Juli 2020, pelaksanaan COKLIT tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 dan pelaporan tanggal 28 Juli sampai 13 Agustus 2020. PPDP dalam melaksanakan COKLIT akan dilengkapi dengan alat pelindung diri yang disediakan oleh KPU, dibekali cara pencocokan dan penelitian data pemilih kemudian cara mengisi formulir isian telah disiapkan oleh KPU,” papar Intan. 

Intan berharap, petugas pemutakhiran data pemilih turun langsung dari rumah ke rumah untuk mencocokkan data pemilih. Bukan bekerja di balik meja. Demikian pula kerjasama masyarakat untuk menyiapkan KK dan E-KTP yang akan dicoklit oleh PPDP mulai 15 Juli – 13 Agustus 2020. (jaka/albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini