by

Antisipasi Peristiwa Pilkada 2010 Terulang, Kapolres Tator Gagas FGD

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Masih ingat peristiwa Pilkada Tana Toraja 2010, tepatnya di depan Kampus UKI Toraja, tawuran antar kolompok massa pendukung kedua kubu calon bupati Tana Toraja akibat tidak menerima hasil pilkada.

Belajar dari kejadian tersebut serta pengalaman yang ada, Kapolres Tana Toraja AKBP Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto kemudian menggagas sebuah kegiatan ‘Fokus Group Diskusi’ di kecamatan Sangalla’ Utara, Selasa 14 Juli 2020, bertema “Menuju Pilkada 2020 Tana Toraja yang Aman Damai dan Sejuk”.

Kegiatan ini melibatkan tokoh masyarakat, pemuka agama, dan tokoh pemuda. Juga hadir Panwas dan PPK, anggota DPRD Tator, serta undangan lainnya.

Pada event diskusi tersebut, Kapolres Tator menekankan pentingnya menjaga keamanan Pilkada agar tertib dan damai. “Meskipun saya di Jawa saat itu, saya dengar ada korban jiwa pada pilkada 2010. Saya tekankan jangan sampai terjadi lagi pada hal seperti itu,” kata Kapolres di hadapan para undangan di ruang pola Kantor Camat Sangalla Utara.

Dalam diskusi, diagendakan sesi tanya jawab antar Kapolres dengan para peserta terkait pencegahan dan meminimalisir terjadinya kecurangan di Pilkada 2020. “Jangan sampai tokoh masyarakat, pemuda dan tim sukses yang memicu terjadinya konflik dan kecurangan di Pilkada 2020. Hari ini saya tegaskan kepolisian tidak mentolerir siapapun yang melakukan itu,” tegas Kapolres. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini