by

Buset…Dalam Dua Bulan Pemda Tator Sedot Anggaran Masker Rp987.492.000

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Pemerintah Daerah Tana Toraja dalam 2 (dua) bulan, telah menyedot anggaran untuk belanja alat pelindung diri (APD) berupa masker sebesar Rp987.492.000. Ini sungguh spektakuler dan repot mengontrolnya karena dalam jumlah banyak. Begitu pun tempat ordernya sekitar 2000 orang.

Namun demikian, setelah dikroscek di salah satu penjahit, harga masker itu tidak sesuai dengan yang dianggarkan. Airterkini menelusuri dan menemukan, harga satuan dari anggaran masker itu senilai Rp5.000, sementara harga di pasaran variatif. “Masker yang paling murah saya jualkan ada Rp3.000 dan ada juga Rp4.000,” kata salah seorang penjahit di Makale yang enggan disebut namanya, Kamis (23/7).

Diketahui, realisasi anggaran masker untuk Maret dan April 2020 sebesar Rp 987.492.000. Ini sesuai laporan pertanggungjawaban Satgas Covid-19 Tator. Dalam LPJnya, khusus untuk masker harga satuannya variatif. Mulai dari yang paling murah Rp5.000, Rp6.000, Rp7.000 hingga Rp7.333.

Instansi pengelola pengadaan masker ini adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja pimpinan Alfian Andilolo. Alfian juga menjabat Ketua Harian Penanggulangan Satgas Covid-19. Dikonfirmasi, Kaban Penanggulangan Bencana ini mengaku, tidak tahu soal anggaran masker itu. “Saya tidak tau anggarannya berapa, saya hanya membeli. Ke media center saja,” tutur Alfian.

Awak media kemudian mendatangi posko Media Center (MC) Covid-19, namun tak mendapat jawaban konfirmasi dari Koordinator MC Daniel Galenta. “Ia..ia..ia,” kilahnya saat ditanya soal belanja masker. Fatalnya, Kadis Infokom Berty Mangontan pun dikonfirmasi, via handphone, tidak merespon. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini