by

Kandidat Incumbent Kala’tiku Paembonan Yakin Dapat Kendaraan Politik

TORAJA UTARA, AIRTERKINI COM – Konstelasi politik menuju Pilkada Toraja Utara Desember 2020 mendatang, kini kian intens. Para bakal calon (balon) bupati dan wabup, terus berjuang melakukan gerilya politik serta bermanuver untuk mendapatkan partai politik pengusung. Para balon tersebut saling klaim parpol yang dikendarai. 

Informasi tentang ini dapat diperoleh melalui media sosial (medsos) seperti di Facebook dan WhatsApp serta lainnya. Salah satu kandidat itu, selain Yosia Rinto Kadang, Yohanis Bassang dan Frederik Batti Sorring, adalah Balon Petahana Kala’tiku Paembonan. Tiket sementara para balon baru sebatas Rekomendasi, bukan SK Parpol.

SK tersebut yang menetapkan pasangan balon serta digunakan untuk mendaftar di KPU. Bupati Kala’tiku Paembonan sendiri mengaku yakin mendapatkan PDIP serta beberapa parpol lain. Hal ini karena mantan Sesditjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendagri RI ini juga adalah Ketua Dewan Pembina PDIP Toraja Utara.

“Banyak orang beranggapan saya sudah tidak dapat partai. Saya kan Fungsionaris PDIP. Saya juga Ketua Dewan Pembina PDIP Toraja Utara. Mana mungkin saya tidak mendapat PDIP. Nanti kita lihat siapa yang tidak ada partainya,” ujar Kala’tiku Paembonan, kepada Airterkini.com, saat ditemui di Hotel Misiliana, Senin (27/6).

Bupati yang akrab disapa Papa Rannu ini, juga optimis akan mendapatkan tambahan parpol pengusung. “Saya yakin akan ada partai pengusung lagi,” kata Kala’tiku yang ketika dijumpai memakai kemeja putih ala Jokowi. Berdasarkan bocoran, parpol pengusung yang lain untuk Kala’tiku diprediksi adalah Gerindra, PKPI dan Perindo.

Pertimbangannya Partai Gerindra, karena Kala’tiku bakal berpasangan dengan dr Etha Rimba P Tandipayung, anggota DPRD Bontang, Kalimantan Timur, dari Fraksi Gerindra. Paslon Kala’tiku-Etha’ (KABORO’TA) ini dinilai tepat dan ideal serta memiliki kapasitas yang mumpuni dalam memimpin Toraja Utara periode mendatang. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini