by

Pemkab Torut Akhirnya Menang Kasasi Sengketa Lapangan Bakti Rantepao

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Mahkamah Agung (MA) RI akhirnya mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara atas lahan sengketa Lapangan Bakti Rantepao. Lahan tersebut sejauh ini disengketakan antara pemerintah setempat dengan keluarga besar Bato’rante.

Perkara ini mulai bergulir 2017. Proses peradilan pun berjalan, hingga 2018 keluar putusan tingkat pertama. Pengadilan Negeri Makale memenangkan Pemkab Torut atas lahan tersebut. Penggugat, dalam hal ini keluarga Bato’rante, lalu mengajukan Banding ke Pengadilan Tinggi Sulsel di Makassar pada 2018.

Putusan Banding keluar, memenangkan pihak Penggugat. Setelah kalah di tingkat Banding, Pemkab Torut selaku Tergugat kemudian mengajukan Kasasi ke MA. Dan alhasil, setelah melewati proses yuridis, pada Sabtu, 8 Agustus 2020, MA memutuskan memenangkan Pemkab Torut dengan jalan mengabulkan permohonan kasasi. 

Bupati Torut Kala’tiku Paembonan yang langsung menerima salinan putusan kasasi MA bernomor 2615/K/Pdt/2019. Dengan keluarnya putusan inkrah tersebut, Lapangan Bakti Rantepao tetap menjadi fasilitas publik. Atas semua ini, Pemkab Torut bersyukur kepada Tuhan untuk berkat dan pertolonganNya. 

“Dan terimakasih untuk Pengacara  Negara dari Pihak Kejagung serta Advokat yang sudah membantu serta dukungan doa seluruh masyarakat Toraja dimanapun,” ucap Bupati Kala’tiku Paembonan, baru-baru ini. (humastu-gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini