by

Dana Kapitasi Di Dinas Kesehatan Tana Toraja Belum Dibayarkan Hingga Agustus

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Masalah lagi muncul, tentang dana kapitasi 2020 di Tana Toraja yang belum dibayarkan kepada tenaga kesehatan  atau petugas Puskesmas. Pembayarannya selama ini setiap bulan, namun kali ini, sejak Januari, para pegawai puskesmas setempat belum menerima dana kapitasi itu. Informasi ini diperoleh Airterkini.com dari salah seorang pegawai puskesmas yang enggan disebut namanya.

Sumber tersebut bahkan mengatakan, di tahun-tahun sebelumnya saja jasa pelayanan yang dibayarkan hanya sebelas bulan dan dijanji akan dibayarkan tahun berikutnya. Tapi kenyataannya sampai saat ini janji itu belum direalisasi. Mendengar hal ini, awak media terdorong ingin menelusuri ke pihak BPJS, Dinas Kesehatan, dan BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) Tana Toraja.

Alhasil, dari hasil penelusuran, pihak BPJS setempat via WhatsApp (WA) mengatakan, dana tersebut telah dibayarkan ke Pemda Tator. Sedang pihak Dinkes menginformasikan, dananya sudah masuk di puskesmas. Hal ini dipertegas Kadis BPKAD Margaretha Batara. “Mat sore, dana JKN tidak melalui rek. Kasda ttp lgs ke rek. Puskesmas,” ujarnya via WA.

Hingga saat ini tidak jelas alasan dana kapitasi itu belum disalurkan atau dibagi ke pihak yang berhak. Semisal, di Puskesmas Makale dan yang lainnya. Konon, menurut bocoran, alasan belum tersalur karena belum ada persetujuan dari Bupati Nicodemus Biringkanae. Jika ini benar berarti kontradiksi dengan tagline Pemda di bawah NIVI saat ini yakni “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit, Lapar dan Bodoh”.

Betapa tidak, paramedis sebagai garda terdepan dalam penanganan program tersebut terkesan diabaikan. Lalu kemana anggaran yang telah dialokasikan pemerintah pusat kepada tenaga medis saat ini, wallahualam. Sejogjanya, hal ini menjadi perenungan dan kajian bersama dalam melakukan upaya pengawasan, agar program kegiatan yang ada khususnya di bidang kesehatan dengan pembiayaannya, seperti dana kapitasi serta dana lainnya, dapat tersalur baik dan akuntabel. (step)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini