by

Peduli Pariwisata, BMT Kerja Bakti Di Makam Puang Sangalla’

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Tak dapat dipungkiri, potensi pariwisata Toraja dikenal luas tak hanya di lingkup domestik tapi mancanegara. Artinya, Toraja adalah salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Indonesia. Ini karena panorama dan adat-istiadatnya. Selain itu, sejumlah objek wisata menarik dimiliki. Tersebar di dua kabupaten, yakni Tana Toraja dan Toraja Utara.

Namun khusus di Tana Toraja, sama halnya Torut, ada beberapa objek wisata baik yang sudah maupun yang belum dikembangkan selama ini. Diantaranya, terdapat objek wisata rohani atau religius yang dikunjungi banyak wisatawan yakni Patung Yesus di Bukit Burake (Burake Hill). Ini menjadi primadona bagi Tana Toraja. Sedang objek wisata yang belum dikembangkan seperti permandian alam Sarambu Assing di Bittuang serta lainnya.

Namun yang disayangkan, objek wisata sejak jaman dulu (jadul) seperti Makam Puang Sangalla’ yang dikenal dengan sebutan Objek Wisata Suaya. Objek wisata makam yang bernilai historis ini tampaknya luput dari perhatian Pemda Tator. Buktinya, di sekitar objek ditumbuhi rumput yang tinggi. Pada bagian lain juga dipenuhi duri. 

Ada kesan objek wisata tersebut tidak terurus selama ini. Juga tanpa renovasi atau perbaikan. Atas dasar ini, sebagai wujud peduli terhadap pariwisata Toraja, Barisan Muda Toraja (BMT) lantas bergerak mengadakan kerja bakti dengan membersihkan Objek Wisata Suaya atau Makam Puang Sangalla’. Bagian yang dibersihkan utamanya bawah tebing makam.

“Seiring waktu berjalan, zaman berubah, budaya leluhur kita seakan sudah terlupakan. Makam kerajaan pun seakan terabaikan,” kata Pembina BMT, William Ranthe Gorongan, kepada Airterkini.com, di Objek Wisata Suaya, Ahad (16/8).

Sementara Ketua BMT, Esra Pararu’, mengatakan, salah satu konsentrasi utama dalam misi peduli pariwisata ini adalah di daerah Sangalla’. “Alasannya di daerah Sangalla’ pusat sang bangsawan. Kegiatan ini juga sekaligus menyambut dan memperingati 17 Agustus,” jelas Esra.

Diketahui, BMT dibentuk setahun lalu. Anggotanya kini berjumlah 80 orang. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini