by

Pelayanan Akses Melalui Website Di Dinas Dukcapil Makassar, Hambat Warga

MAKASSAR, AIRTERKINI.COM – Pelayanan secara online Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar, tampaknya menghambat masyarakat. Kondisi ini dilematis. Di satu sisi, Pemkot Makassar menghendaki pelayanan cepat dan mudah, namun di sisi lain masyarakat belum terbiasa dengan adanya perubahan inovatif tersebut.

Ini juga tampaknya sebagai akibat kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang perubahan dalam pelayanan tersebut. Akibatnya, beberapa dari warga masyarakat lokal Kota Makassar masih ada yang datang ke kantor Dinas Dukcapil setempat. Terpantau, beberapa dari warga, ada yang mengeluh karena hingga pukul 09.40, hari ini, pintu kantor Dinas Dukcapil masih tertutup rapat dengan digembok. 

Keluhan warga yang lain, soal pengurusan akte kematian. Menurut warga tersebut, data input online untuk pengurusan akte kematian ada yang tidak bisa dipenuhi dan tidak relevan. Seperti foto surat kematian dari rumah sakit. Yang ada hanya surat keterangan kematian dari kelurahan, karena yang bersangkutan meninggal di rumah. Kemudian surat ganti nama bagi keturunan atau yang telah mengganti nama

Yang menarik, soal izin penguburan. “Lho bagaimana mau ada surat izin penguburan jenazahnya saja masih ada. Masih disimpan. Namanya orang Toraja, bisa langsung dikubur, bisa juga disimpan. Jadi kalau disimpan otomatis belum ada inzin penguburan. Repotnya lagi foto surat kubur dari yayasan, ini yang soal,” ujar warga yang enggan disebut namanya ini, di Kantor Dinas Dukcapil Kota Makassar di Jl Alauddin, Selasa (18/8). (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini