by

Penyedia Sanggah Pemenang Paket Rekonstruksi Tebing Pengaman Poros To’dama’-Sapan Di Torut

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Lelang demi lelang atau tender paket pekerjaaan pada Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Toraja Utara, dalam tahun 2020 ini, terus memunculkan masalah. Satu persatu tender paket yang dikelola Panitia atau Pokja PJK (Pemilihan Jasa Konstruksi) setempat terpaksa diprotes, bahkan disanggah, penyedia peserta tender karena merasa diperlakukan tidak benar. 

Ini dipicu karena pihak Pokja tidak menggunakan aturan pengadaan barang/jasa yang sebenarnya. Semisal pelanggaran terhadap prosedur atau mekanisme tender serta syarat peserta tender. Seperti pada tender paket Rehabilitasi Jalan Poros Buntulimbong-Likulambe’ Desa Batulimbong Kecamatan Bangkelekila’ dengan nilai pagu Rp1,3 M lebih dimenangkan penyedia yang tidak memenuhi syarat.

Sementara penyedia yang justru memenuhi syarat, sebagaimana dilansir sebelumnya, tidak diundang pada tahap pembuktian kualifikasi. Konon, hal ini terjadi diduga karena ada intervensi pihak luar, sehingga penyedia yang memenangkan paket tersebut disinyalir sudah dikondisikan sebelumnya. Belum juga paket ini tuntas masalahnya, pihak Pokja PJK setempat lagi-lagi membuat blunder.

Blundernya pada paket Rekonstruksi Tebing Pengaman Jalan Poros To’dama’-Sapan Desa Parandangan Kecamatan Buntupepasan dengan nilai pagu Rp945 juta yang dimenangkan CV Ruhama. Akibatnya, penyedia lain yang juga peserta tender yakni CV Masiku Utama Konstruksi melayangkan surat sanggahan kepada pihak Pokja, 22 Agustus 2020.

Dari argumen dan bukti yang disampaikan dalam surat sanggahannya, pihak manajemen CV Masiku meminta Pokja membatalkan pemenang atas nama CV Ruhama dan memenangkan CV Masiku Utama Konstruksi dengan alasan layak dan memenuhi syarat. Syarat tersebut seperti memiliki tenaga pelaksana lapangan jalan bersertifikat TS 028 serta harga penawaran terendah. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini