by

Soal ASN Tidak Netral, Ketua Bawaslu Tator: Kami Proses Sesuai Prosedur Penanganan

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Dugaan pelanggaran yang dilakukan seorang ASN, Anwar Laga, yang juga Sekretaris Bawaslu Tana Toraja, seperti dilaporkan Sekretaris Toraja Transparansi Jhony Paulus, SH, MH kepada pihak Bawaslu setempat, sebagaimana dilansir sebelumnya, tampaknya menyita perhatian publik. 

Pasalnya, andai itu benar, maka kompetisi Pilkada Tana Toraja ke depan sudah mulai memperlihatkan gelagat awal yang tidak fair atau tidak sehat. Apalagi jika dilakukan seorang ASN atau PNS yang justru berdinas di kantor lembaga pengawasan  penyelenggaraan pemilukada di daerah. Berbagai pihak berharap, jangan sampai karena perbuatan seorang membuat Bawaslu jadi tercoreng. 

“Bawaslu bisa kehilangan kepercayaan. Nah kalau laporan itu terbukti benar bagaimana Bawaslu mau mengemban tugas dan tanggungjawab pengawasan, wong internalnya saja begitu. Harusnya jadi wasit kok malah ikutan main di lapangan, tidak boleh,” ujar Antonius Ramma, Sekjen Perkumpulan WASINDO (Pengawas Independen Indonesia). 

Kepada Airterkini.com, via handphone, Minggu malam ((23/8), Antonius meminta agar laporan tersebut segera ditindaklanjuti. Ketua Bawaslu, Serni Pindan, saat dikonfirmasi via WhatsApp (WA), malam ini juga, mengatakan, pihaknya memproses laporan tersebut sesuai prosedur penanganan dugaan pelanggaran. 

“Benar sudah dilaporkan tapi belum dapat diregistrasi karena masih ada unsur materilnya yang belum terpenuhi, sehingga pelapor diberi kesempatan paling lambat tanggal 27 Agustus pukul 14.00. Belum ada bukti seperti foto, rekaman atau surat-surat,” ungkap Serni tanpa menyebut bukti lain berupa keterangan saksi. (red)  

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini