by

28 Hingga 31 Agustus 2020, KPU Toraja Utara Umumkan Pendaftaran Paslon pilkada

AIRTERKINI.com Rantepao – pada 28 hingga 31 Agustus 2020, KPU Toraja Utara umumkan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Toraja Utara.

Pengumuman tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang, sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020.

Selain itu, Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020.

Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagaimana telah beberapa kali diubah. Terakhir, peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020.

Sementara peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus disease (Covid-19).

Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Teknis Pendaftaran, Penelitian, dan Perbaikan Dokumen Persyaratan, Penetapan, serta Pegundian Nomor Urut Pasangan Calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Terakhir, keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toraja Utara Nomor: 51/PL.02.2-Kpt/7306/KPU-Kab/VII/2020 tentang Penetapan Syarat Pencalonan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara yang diusulkan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2020.

Adapun pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Toraja Utara tahun 2020 yakni, Pendaftaran Bakal Pasangan Calon dimulai tanggal 04 s/d 06 September 2020. Untuk waktu pendaftaran di hari pertama sampai dengan hari kedua, pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 16.00 WITA, dan untuk hari ketiga pendaftaran dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 24.00 WITA.

Tempat pendaftaran tepatnya di Kantor KPU kabupaten Toraja Utara Jl. Taman Makam Pahlawan No. 65 Kecamatan Rantepao.

Adapun ketentuan pendaftaran yakni Partai Politik atau gabungan Partai Politik tingkat Kabupaten dapat mendaftarkan Bakal Pasangan Calon dengan ketentuan memenuhi syarat minimal 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi DPRD Kabupaten Toraja Utara yaitu 6 (enam) kursi atau minimal 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara Tahun 2019 yaitu 32.540 (tiga puluh dua riba lima ratus empat puluh) suara.

Partai politik atau gabungan partai politik yang akan mendaftarkan bakal pasangan calon harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten Toraja Utara, beberapa hari sebelumnya.

Untuk menyampaikan rencana waktu pendaftaran dihadiri oleh Bakal pasangan calon dan pimpinan partai politik Pengusung dan harus mengikuti protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Penyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon harus dibuat 2 (dua) rangkap, terdiri dari surat asli dan salinan. Selanjutnya masing-masing rangkap dimasukkan ke dalam map yang dibungkus dengan bahan yang tahan terhadap zat cair.

Sampul depan ditulis dengan huruf kapital nama Bakal Pasangan Calon. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Kantor KPU Kabupaten Toraja Utara atau melalui website www.kab-torajautara.kpu.go.id.

Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi Helpdesk Pencalonan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toraja Utara Jl. Taman Makam Pahlawan No. 65 Kecamatan Rantepao, email: kab_torajautara@kpu.go.id. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini