by

Ditelikung Di Injury Time, Dua Figur Terbaik Torut PTR dan SMB Gagal Maju

TORAJA UTARA, AIRTERKINI.COM – Tidak hanya Frederik Batti Sorring (FBS), dua figur terbaik Balon Bupati Toraja Utara, Petrus Tangke Rombe (PTR) dan Sindra Maraya Bangri (SMB), gagal mendapatkan parpol pengusung. Hingga menjelang akhir Agustus, keduanya tidak berhasil meraih parpol yang diharapkan.

Partai HANURA yang sebelumnya memberi rekomendasi kepada PTR, dan beberapa parpol lain seperti PKPI serta PERINDO yang digadang-gadang akan mendukung PTR dan SMB, akhirnya beralih ke paslon lain. Demikian pula PDI Perjuangan. Padahal, PTR dan SMB dikabarkan bakal duet. 

Keduanya telah mengadakan serangkaian pertemuan untuk itu. Dengan formasi PTR-SMB, dua figur tersebut kemudian berjuang maraton melakukan lobi-lobi untuk mendapatkan parpol. Namun tak dinyana, pada titik injury time, PTR-SMB ditelikung. Partai Hanura, PKPI, Perindo dan PDI Perjuangan lebih memilih paslon lain. 

PTR yang akrab disapa Tangke Rombe ini, ketika dihubungi, via handphone, Sabtu siang (29/8), membenarkan kalau dirinya gagal maju lantaran parpol pengusung yang tidak cukup. “Ya sudah begitulah politik. Kita harus terima itu. Ini juga pengalaman. Parpol itu kita bisa pegang kepalanya tapi ekornya tidak,” ujar mantan Bupati Paniai Papua ini.

Seperti Partai Hanura yang merekomendasi PTR sebelumnya. “Sekali lagi politik sudah begitu. Sekalipun kita sudah dapat rekomendasi tapi ekornya masih dipegang. Toh juga masa jabatan bupati terpilih nantinya hanya sekitar tiga tahun, tidak terasa. Jika Tuhan berkenaan ya masih ada kesempatan kita lihat nanti. Ini hanya keberhasilan yang tertunda” tutur PTR yang juga mantan Sekda Paniai.

Gagalnya PTR-SMB maju mengundang kekecewaan sebagian masyarakat Toraja Utara khususnya masyarakat pegunungan yang tergabung dalam PARIS (Pangala’ Riu dan sekitarnya) serta Dataran (Tikala, Tallunglipu, Rantepao dan sekitarnya). Pasalnya, duet ini sekiranya jadi maju, akan jadi kuda hitam dan sulit dibendung paslon lain. Satu-satunya figur yang dapat membendung dan menyaingi adalah sosok FBS. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini