by

Usai Melayat, dr. Zadrak Selamatkan Bayi Yang Dikira Keluarganya Sudah Meninggal

AIRTERKINI.com – Seorang ibu bernama Tabita Bulawan (34) warga Sa’ dan, Lembang Makkodo, kecamatan Mappak sedang dalam hamil tua. Dalam kondisi tak memungkinkan, akhirnya Tabita Melahirkan disebuah mobil Nissan Navara.

Ironisnya, saat melahirkan, bayi Tabita dikira sudah meninggal. Keluarga Tabita pun yang ikut menyaksikan proses persalinan diatas mobil juga sudah pasrah dan menagis.

Bayi jenis kelamin laki-laki dengan bobot 1,9 kilogram dikira sudah meninggal lantaran bayi tersebut tidak menangis dan bergerak saat lahir selama satu jam. tubuhnya pun sudah berwarna hitam dan kebiru-biruan.

Beruntung mobil yang ditempati Tabita melahirkan, ditumpangi sejumlah bidan dan seorang dokter spesialis anak, dr. Zadrak Tombeg.

“Kami sudah pasra dan berdoa. Tak ada kata lain” kata Rama, saudara Tabita, kepada Airterkini di rumah sakit Sinar Kasih, (20/9).

Awalnya, rombongan dr. Zadrak, tujuannya melayat di kecamatan Mappak, salah satu daerah terpencil di Tana Toraja. Usai melayat, ditengah jalan seorang warga menahan rombongan tersebut dengan minta bantuan seorang ibu yang akan melahirkan. Saat itu sekitar jam 11 malam (19/9).

Sontak, sejumlah bidan mendatangi rumah Tabita. Kondisi rumah tampak remang-remang karena listrik belum ada, hanya menggunakan penerang senter.

Melihat kondisi ibu hamil, akhirnya dibawa di mobil jenis Nissan Navara dengan tujuan ke rumah sakit Sinar Kasih. Saat sedang di mobil, ternyata ibu hamil tidak bisa menahan kontraksinya. Akhirnya proses persalinan Tabita dilakukan diatas mobil tanpa peralatan persalinan, pada jam 2 dini hari.

Malinda Kidung, Am.Keb

“tidak ada sama sekali peralatan persalinan. Saya hanya minta air untuk bersihkan tangan”. Ungkap salah satu bidan RS Sinar Kasih, Melinda Kidung, AM, keb. Melinda ini adalah salah satu bidan yang membantu proses persalinan Tabita.

untuk proses penangan lebih lanjut, Tabita dirawat di ruang VIP, Sinar Kasih bersama bayinya.

Hal menarik, Saat ditanya awak media, Tabita memberi nama bayinya, Theza. Artinya Theo – Zadrak. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini